Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil perangkat pembelajaran matematika beracuan kontrukstivisme dalam kemasan CD Interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (3) Lembar Tugas Siswa (LTS), dan (4) CD interaktif. Pengembangkan perangkat pembelajaran mengacu pada model yang dikenalkan oleh Plomp yaitu: (1) investigasi awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) pengujian, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Pada proses pengembangan dihasilkan: (1) Perangkat pembelajaran valid menurut ahli (diperoleh validitas RPP 4.65, LKS 4.77, LTS 4.65,dan validitas CD interaktif 4,29. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis karena setelah diujicobakan pada kelas ujicoba 2 memperoleh hasil: 1. Keterlaksanaan pembelajaran, Kp = 4.10, artinya kategori keterlaksanaan sangat baik. 2. Lebih dari 80% siswa memberikan respon positif, yaitu 94,61% siswa menyatakan senang dengan diterapkannya pembelajaran beracuan konstruktivisme 3. guru memberikan respon cukup baik terhadap keterlaksanaan pembelajaran, yaitu 72,5% setuju bahwa perangkat dapat digunakan. (3) Perangkat pembelajaran dikatakan efektif, karena aktivitas dan keterampilan proses siswa selama proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 75.4%, prestasi belajar siswa (dengan rata-rata 81,48) lebih besar dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) SMP Negeri 1 Tegal, yaitu 70), ada perbedaan prestasi belajar antara kelas ujicoba ke2 dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dihasilkan perangkat pembelajaran dalam kemasan CD interaktif yang valid, praktis dan efektif.

The aim of this study is to find the result of mathematics learning instrument based on constructivism in form of valid, practical, and effective interactive CD. The learning instrument which are developed are: (1) Lesson Plan, (2) Students working books (LKS), (3) Students assignment books (LTS), and (4) interactive CD. The developed learning instrument is based on model introduced by Plomp: (1) initial investigation, (2) designing, (3) realization/construction, (4)examination, evaluation, and revision, and (5) implementation. The finding on the process of development: (1) learning instrument is valid based on expert (Validity of lesson plan is 4.65, LKS is 4.77, LTS is 4.65, and validity of interactive CD is 4,29). (2) The developed learning instrument is practical because after being tested in experiment class, it shows: 1. The learning success (Kp) is 4.10. it shows that the learning activities is successful. 2. More than 80% of the students show positive response, 94,61% of students are glad in trhe implementation of learning based on constructivism. 3. Teachers show quite good response, 72,25% of them agree on the implemented equpment. (3) The learning is effective because the students activity and ability during the learning process effects the learning achievement as many as 75,4%, the students achievement (average is 81,48) is higher than minimum passing grade (KKM) of SPN 1 Tegal, which is 70), there is differences on the second experiment class compared to the conventional one. In conclusion, its resulted on an valid, practical, and effective interactive CD.