Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis dan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan awal peserta didik, serta interaksinya. Penelitian ini me-rupakan penelitian eksperimen. Sampel dipilih secara random sampling. Diperoleh satu sampel sebagai kelas eksperimen I yang disebut sebagai kelompok heterogen. Sampel yang lain kelas eksperimen II disebut kelompok homogen. Kedua kelompok diberi perlakuan pembelajaran model kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW). Pengambilan data diperoleh de-ngan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data dianalisis dengan perhitungan ANOVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji-pasang (Scheffe-test) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis rangkuman dan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW secara kelompok heterogen lebih baik dari pada kelompok homogen. Kemampuan menulis rangkuman dan pemahaman matematis kategori atas lebih baik dari pada kategori bawah berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh dan diagram Profile Plots. Kemampuan menulis rangkuman kategori atas pada kelompok homogen tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan kemampuan menulis rangkuman dan pemahaman matematis kategori bawah pada kelompok heterogen maupun pada kelompok homogen terdapat perbedaan yang signifikan.

 

The purpose of this study is to know the writing ability and mathematical understanding viewed from the initial ability of students, and their interaction. This research is experimental. Sample is chosen using random sampling. After that, the first experiment class is named heterogeneous group and the second experiment class named homogeneous group. The two groups are treated using cooperative model learning using Think-Talk-Write (TTW) strategy. The data is taken through documentation, test, and observation. Data is analyzed using ANOVA calculation two ways and then proceeded to scheffe-test to examine the research hypothesis. The research comes into finding that the collective resume writing and mathematical understanding of the students receiving the cooperative learning model using TTW strategy in heterogeneous group is better than in homogeneous group. The resume writing ability and mathematical understanding in up-category is better than bottom-category based on the average score and Profile Plots diagram. The resume writing ability on up-category in homogeneous class doesn’t show significant difference, however The resume writing ability on bottom-category in both heterogeneous class and homogeneous class show significant difference.