Abstract

ABSTRAK.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa, lembar kerja siswa (LKS) dan soal tes kemampuan koneksi matematis (TKKM) yang valid dan praktis serta mengetahui pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan efektif. Penelitian ini mengacu pada pengembangan model Plomp meliputi tahap investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi dan revisi serta implementasi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Cirebon, kelas XI IPA 2 dipilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang mendapat pembelajaran dengan model CORE bernuansa konstruktivistik), kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (kelas dengan pembelajaran ekspositori) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas uji coba soal TKKM. Hasil pengembangan perangkat valid berdasarkan hasil validasi ahli, kepraktisan perangkat berdasarkan respon positif siswa dan guru sejawat. Aktivitas dan motivasi berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen mencapai ketuntasan dan lebih baik dari pada kelas kontrol, serta adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen.

 

ABSTRACT.

The purpose of this study was to produce a learning mathematics device in the form of syllabus, lesson plan, student book, student worksheet and mathematical connection ability test are valid and practical, and knowing to use a device developed learning effective. This research refers to Plomp model development, which consists the prelimenary investigation phase, design phase, realization/construction phase, testing, evaluation, and revision phase, and the implementation phase. The research conducted at SMAN 7 Cirebon, grade XI Science 2 is selected as the experimental class (a class that gets learning CORE model with constructivist nuanced), grade XI Science 3 as the control classes (classes with expository teaching) and grade  XI Science 4 as a class test for TKKM matter. The results device development is valid based on the validation expert results, practicality of the device based on the positive response of students and peer teachers. Furthermore, activity and motivation has a positive influence to mathematical connection ability. The mathematics connection capabilities of experimental class achieve mastery and better than the control class, as well as an increase in the mathematics connection ability experimental class.