Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif  meningkatkan kemampuan koneksi matematik peserta didik materi dimensi tiga kelas X. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa  Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Peserta Didik, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Tes Kemampuan Koneksi matematik. Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti model kooperatif  tipe  CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan pendekatan konstruktivisme dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thia-garajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi sehingga menjadi 3-D yang ter-diri dari 3 tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons guru, respons siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan mengikuti model kooperatif  tipe CIRC dengan pendekatan konstruktivisme ini dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik lebih baik. Disarankan agar pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas kelas X materi dimensi tiga menggunakan perangkat pembelajaran model kooperatif  tipe CIRC dengan pendekatan konstruktivisme.

Abstract

This study aims to develop and produce a learning intrument that valid, practically and effec-tively to enhance the ability of  learners mathematical connection ability of  three-dimensional material for grade X. The developed learning intrument were syllabus, lesson plan, students book, students worksheet, and mathematics ability test connection. The development lear-ning intrument follows the cooperative model type CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) with a constructivist approach and refers to the 4-D model intrument de-velopment of  Thiagarajan, Semmel dan Semmel were modified to 3-D. The results showed that the learning has been developed have validity, practicality, and also high effectiveness. It can be seen from the opinion of  the validator, the response of  teachers and student, and the results of  field trials. Based on the results of  field trials, the learning that was developed by following the cooperative model  type CIRC with this constructivist approach can enhance the mathematical connection ability of  students so that students can get better achievement. From these results it is suggested that the learning of  mathematics at the high school grade X of  three-dimensional subject better use a cooperative learning intrument model type CIRC with constructivism approach.