Abstract

Pembelajaran matematika dengan berbagai pendekatan yang digunakan akan menjadikan hasil dari belajar matematika siswa baik dan tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang pembelajaran matematika yang ditinjau dengan pendekatan humanistik dan konstruktivisme, serta kemampuan literasi matematika dan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa SMK Negeri 1 Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah guru matematika, siswa, dan waka kurikulum. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata keterpenuhan indikator pada perangkat pembelajaran yang ditelaah dengan pendekatan humanistik 45,10% dan pendekatan konstruktivisme 37,63%. Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh semua guru matematika di SMK Negeri 1 Jepara sama. Rata-rata persentase proses pembelajaran guru ditinjau dengan pendekatan humanistik 63% dan konstruktivisme 57%. Rata-rata persentase proses pembelajaran siswa ditinjau dengan pendekatan humanistik 65,5% dan konstruktivisme 52,5%. Proses pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Jepara cukup sesuai dengan pendekatan humanistik dan konstruktivisme. Kemampuan literasi matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jepara masih kurang. Penelitian ini menunjukkan bahwa karakter mandiri dan tanggung jawab siswa kelas XI cukup baik.

Mathematics learning by using some approaches will cause the result of mathematics learning of the student good and not boring. The purpose of this research is to find description about mathematics learning which is reviewed by humanistic and constructivism approach, also mathematic literacy ability and independent, responsibility character of the students of SMK N 1 Jepara. This research is a qualitative research. The approach of the research wich is used descriptive approach. The data collecting done by in interview, observation participation, and documentation. Data source are mathematics teacher, students and visce of curriculum. The result of research get 45,10% of humanistic approach and 37,63% of constructivism approach. The learning instrument used by the teacher of SMK N 1 Jepara is same. The average of teaching process percentage reviewed by humanistic approach 63% and constructivism 57%. The average of the students learning process reviewed by humanistic approach 65,5% and constructivism 52,5%. The process of mathematics learning in SMK N 1 Jepara is quite suitable with humanistic and constructivism approach. Mathematic literacy ability of the XI grade of SMK N 1 Jepara students is quite less. This research showed that independent and responsible character of XI grade student is good enough.