Abstract

Kurikulum 2013 memandang literasi matematika sebagai kompetensi yang penting. Namun, kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih rendah, hal ini dilihat dari hasil Programs of International Students Assessment (PISA) Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat PBL dengan pendekatan PMRI berpenilaian serupa PISA yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMP secara efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan tes kemampuan literasi matematika siswa serupa PISA. Proses pengembangan perangkat merujuk pada model Plomp yang meliputi: investigasi awal, desain, realisasi, tes, evaluasi dan revisi. Uji coba perangkat pembelajaran melibatkan siswa kelas VII SMP 2 Ungaran tahun akademik 2013/2014 dengan menggunakan desain penelitian non-randomized pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinilai valid oleh para ahli dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran dapat dikategorikan praktis dengan merujuk pada siswa dan guru merespon positif, serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan tinggi. Pembelajaran juga efektif meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Curriculum 2013 sees the mathematical literacy as an important competence. However, the mathematical literacy capabilities students Indonesia is still low, it is seen from the results of Programs of International Students Assessment (PISA) This research is a R & D aimed at developing the PBL model PMRI approach a PISA similar assesment valid and practical to improve the mathematical literacy capabilities students SMP effectively. The learning devices includes: syllabi, lesson plans, worksheets, student books, and mathematics literacy capabilities tests similarly PISA. The development model follows the Plomp models which include: a preliminary investigation, design, realization, testing, evaluation and revision. The test involves a learning device class VII SMP 2 Ungaran academic year 2013/2014 by using of non-randomized study design pretest-posttest control group design. The results showed that the device is a valid learning assessed by experts with very good category. Practical learning tools can be categorized by reference to students and teachers responded positively, as well as the ability of teachers to manage learning categorized as high. Learning also effectively improve students' mathematical literacy capabilities.