Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan klasiï¬kasi soal UN Matematika SMP lima tahun terakhir mengacu pada penilaian PISA yang meliputi, aspek konten , aspek proses, aspek konteks, tingkat.  Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasiï¬kasi soal UN Matematika SMP tidak ideal sesuai dengan ketetapan PISA. Pada aspek konten perubahan dan keterkaitan serta ruang dan bentuk mempunyai distribusi lebih dari distribusi yang ditetapkan PISA (25%). Aspek konten ruang dan bentuk mempunyai distribusi rata-rata paling tinggi dibandingkan dengan aspek konten yang lain yaitu 42,5%. Pada aspek proses kemampuan menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran Matematika yang mempunyai distribusi rata-rata 79% dari 50% ketetapan PISA. Proses menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil dari suatu proses Matematika belum termuat dalam soal UN Matematika. Soal UN Matematika memiliki distribusi rata-rata 71% tidak memuat konteks. Sebaran soal UN Matematika lebih banyak pada perhitungan secara langsung tanpa memuat konteks. Tingkat kemampuan Matematika dalam PISA pada soal UN Matematika berada pada level 2 dan didominasi soal-soal yang terletak pada level 1.Disimpulkan bahwa sebaran konten, proses dan konteks soal UN Matematika lima tahun terakhir belum memenuhi standar ideal sesuai dengan ketetapan PISA.

Abstract

This study aimed to determine and describe classification problem Mathematics national examination junior high school last five years refers to PISA assessment which includes, content aspects, process aspects, context aspect, level. This type of  research is descriptive qualitative research . Collecting data in this study using methods documentation. The aspect of  content change and relevance as well as space and shape distributions have more than specified distribution PISA (25 %). Aspects of  space and shape content distribution has highest average in comparison with other aspects of  content 42.5%.The aspect of  ability to use concepts, facts, procedures and Mathematical reasoning which has average distribution

79 % of  the 50 % provision PISA. Process of  interpreting, implementing and evaluating result of   process not contained in Mathematics to the national examination . Mathematic problem has average distribution of  71 % does’nt load context. The distribution of  matter in national examination Mathematical calculations more directly without loading context. Mathematical ability levels in PISA Mathematics national examination at level of  2 and dominated questions that lie level 1. The conclusion distribution of  content, process and context to Mathematics national examination past five years have not meet ideal standards accordance with provisions of PISA.