Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan model PBM pendekatan Van Hiele serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis tiap tingkat berpikir geometri pada model PBM pendekatan Van Hiele. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi kualitatif dan kuantitatif.Model kombinasi penelitian ini adalah tipe concurrent triangulation, pengabungan metode kualitatif dan kuantitatif secara seimbang. Teknik pengambilan sampel penelitian kuantitatif yaitu simple random sampling yang mana pada penelitian ini diambil satu kelas eksperimen dengan model PBM pendekatan Van Hiele dan satu kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Teknik pemilihan subyek penelitian kualitatif yaitu non-probability sampling, dimana pengambilan subyek berdasarkan tingkat berpikir geometri. Model PBM pendekatan Van Hiele efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis. Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis tiap tingkat berpikir geometri Van Hiele. Peserta didik tingkat 1 (analisis) dapat memahami masalah tapi tidak dapat menyusun rencana penyelesaian dengan baik. Peserta didik tingkat 2 (deduksi informal) dapat memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dengan baik tapi tidak dapat mengecek hasil. Peserta didik tingkat 3 (deduksi) dapat memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek hasil dengan baik. Disposisi matematis secara keseluruhan padatiap tingkat berpikir geometri dengan model PBM pendekatan Van Hiele termasuk pada kategori tinggi.


The purpose this study was to analyze the effectiveness of the model PBL Van Hiele approach and describe problem solving ability and mathematical disposition of each level thinking geometry on the model PBL with Van Hiele approach. This study is a combination of qualitative and quantitative research. Model combination of this research is type of concurrent triangulation, merging qualitative and quantitative methods in a balanced manner. Quantitative research sampling technique is simple random sampling which in this study was taken experimentclass used model PBL with Van Hiele approach and control class with expository. Qualitative research subjects selection techniques, namely non-probability sampling, whereas the subjects based on levels thinking of geometry. Model PBL with Van Hiele approach effectived to increased problem-solving ability and mathematical disposition. Problem solving ability and disposition of each level mathematical thinking of Van Hiele  approach. Learners level 1 (analysis) can understand problem but can’t plan well completion. Learners level 2 (deduction informal) can understand problem, plan, execute plan well but can not check the results. Learners level 3 (deduction) can understand problem, plan, implement plan, and check results properly. Overall mathematicaldisposition of each level thinking of geometry use model PBL with Van Hiele approach included in high category.