PBL BERNUANSA ADIWIYATA DENGAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh keefektifan dan implementasi dari model pembelajaran tersebut serta untuk memperoleh temuan pengetahuan mengenai kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan berdasarkan perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengolahan data secara kuantitatif menggunakan yaitu uji ketuntasan, uji banding dengan two way ANOVA dan uji pengaruh, sedangkan kualitatif dengan triangulasi data dari dokumen, wawancara dan pengamatan pada subjek penelitian pilihan yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dari kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: a) KPM (Kemampuan Pemecahan Masalah) mencapai ketuntasan; b) adanya pengaruh positif keterampilan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan terhadap KPM; c) Rata-rata KPM dan karakter peduli lingkungan untuk kelas dengan pembelajaran PBL bernuansa adiwiyata menggunakan blended learning lebih baik dibanding kelas dengan pembelajaran PBL menggunakan blended learning dan kelas dengan pembelajaran PBL. (2) Kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswa laki-laki.
The purpose of this study was to obtain the effectiveness and implementation of the learning model as well as to acquire knowledge about problem solving ability and environment caring character based on gender differences. This research is both quantitative and qualitative. Quantitative data processing is held use completion test, comparative test with two-way ANOVA and influence test while qualitative data processing is held by triangulate data from document, interview and observation from selected research subject that consists of 5 male students and 5 female students from high, medium and low group. Results of this study as follows: (1) Learning mathematics is declared effective, namely: a) KPM achieve mastery; b) the positive influence of problem solving skills and enviroment caring character to KPM; c) Average KPM and environment caring character in class with adiwiyata nuanced PBL learning using blended learning is better than class with PBL using blended learning and class with PBL. (2) The ability of problem solving and environment character caring in female student is higher than male student.