Abstract

ABSTRAK. Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis self efficacy dan kemampuan keruangan peserta didik  serta menguji keefektifan model pembelajaran tersebut dalam upaya meningkatkan kemampuan keruangan peserta didik  SMK. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi desain concurrent triangulation. Semua rumusan masalah akan dicarikan jawabannya dengan metode kualitatif dan kuantitatif secara seimbang. Analisis self efficacy dan kemampuan keruangan akan di bahas dari berbagai sudut pandang metode pengumpulan data. Efektivitas hasil dengan metode kuantitatif yaitu eksperimen dengan  One Sample Group Designe. Uji ketuntasan kemampuan keruangan memakai uji beda rata-rata satu pihak dan uji beda proporsi. Uji peningkatan kemampuan keruangan dengan memakai uji t- berpasangan serta uji Gain. Hasil Penelitian menghasilakan: (a)kemampuan keruangan matematika telah mencapai ketuntasan individual dan klasikal, sebanyak 91,89% peserta didik telah mencapai nilai KKM yaitu 75 ; (b) terdapat peningkatan kemampuan keruangan matematika dengan rata-rata gain klasikal sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Hasil analisis self efficacy dan kemampuan keruangan peserta didik dari penelitian pembelajaran tersebut adalah peserta didik yang mempunyai kemampuan keruangan yang tinggi cenderung mempunyai self efficacy yang tinggi.


The purpose of this study is to analyse self efficacy and spatial abilities and  effectiveness test of the learning model in an effort to improve the mathematical spatial ability of learners vocational high school. This study uses a combination of concurrent triangulation design. All the formulation of the problem will be answered with a qualitative and quantitative methods in a balanced. The effectiveness of the results of the quantitative method is experimental with one sample group designe. Mathematical spatial ability’s test use different average test and different proportions test. The increasing test of spatial abilities using paired t-test and Gain test. The result of this study is: (a) the average of spatial abilities have reached completeness individual and classical, the students who can reached KKM value is reached 91,89% ; (b) there is an increase in the spatial abilities, the gain value is 0,73 which it is in the high level. The result of analysis self efficacy and spatial abilities is the students who have high spatial abilities so they have high self efficacy.