KAJIAN STRATEGI PROMOSI KESEHATAN SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI KELURAHAN TIRTO KECAMATAN PEKALONGAN BARAT KOTA PEKALONGAN

  • Yulis Indriyani Universitas Pekalongan
  • Yuniarti Yuniarti Universitas Pekalongan
  • Rr Vita Nur Latif Universitas Pekalongan
Keywords: STBM, Pemberdayaan Masyarakat, dan Strategi

Abstract

Latar Belakang: Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Fenomena yang terjadi di Kelurahan Tirto masih terdapat perilaku BABS sebanyak 84 KK, perilaku buang sampah secara sembarangan (di lahan kosong dan sungai), dan mengalirkan limbah cair rumah tangga (limbah deterjen dan air bekas mandi) ke sungai.

Tujuan penelitian: Mengkaji secara mendalam strategi promosi kesehatan (advokasi, bina suasana, dan pemberdayaan masyarakat) STBM di Kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan desain eksploratoris kualitatif.

Hasil penelitian: Pencapaian lima pilar  STBM di Kelurahan Tirto belum maksimal yaitu pada pilar stop BABS dan pilar pengelolaan limbah cair rumah tangga secara aman. Terdapat beberapa hambatan yang mempengaruhi hasil capaian tersebut diantaranya konsistensi komitmen yang tegas belum diterapkan bagi pelaku yang mengalirkan pembuangan feses ke sungai, belum adanya pelatihan teknis STBM bagi tokoh masyarakat, metode CLTS bersifat terbatas di satu RW, dan masyarakat Kelurahan Tirto belum mengoptimalkan swadaya atau iuran secara kolektif untuk menyediakan penambahan sarana sanitasi berupa septic tank dan bak penampungan.

Saran: Pertama, penerapan punishment dari Kelurahan Tirto untuk mencapai Kelurahan ODF bagi pelaku yang mengalirkan pembuangan feses ke sungai. Kedua, pertemuan untuk menjalin koordinasi antara Pemerintah Kota Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk bersama mengelola limbah cair rumah tangga secara aman. Ketiga,  pelatihan teknis STBM bagi tokoh masyarakat untuk mencapai perilaku buang air besar secara sehat di Kelurahan Tirto. Keempat, penambahan bak penampungan limbah cair rumah tangga melalui swadaya masyarakat.

References

Anderson. 1979. Public Policy Making. Holt Rinehart and Winston, New York.

Direktur Perumahan dan Pemukiman Bappenas. 2015. Arah Kebijakan Program PPSP 2015-2019. Bappenas, Jakarta.

Hadari Nawawi. 2012. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Gadjah Mada University Press, Yogjakarta

Kemenkes RI. 2014. Data dan Informasi Tahun 2014 (Profil Kesehatan). Kemenkes RI, Jakarta.

Rekapitulasi Data Kelurahan STBM dan Kelurahan ODF Dinas Kota Pekalongan Tahun 2014.

Siswanto Susila dan Suyanto. 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Bursa Ilmu, Yogjakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Profil Kelurahan Daftar Isian Potensi dan Perkembangan Tahun 2014, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Published
2016-07-31
How to Cite
Indriyani, Y., Yuniarti, Y., & Nur Latif, R. (2016). KAJIAN STRATEGI PROMOSI KESEHATAN SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI KELURAHAN TIRTO KECAMATAN PEKALONGAN BARAT KOTA PEKALONGAN. Unnes Journal of Public Health, 5(3), 240-251. https://doi.org/10.15294/ujph.v5i3.11286