PERBANDINGAN MEDIA POWER POINT DENGAN FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUANKESEHATAN GIGI DAN MULUT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oki Nurhidayat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut antara menggunakan media power point dan flip chart. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu, menggunakan metode desain pretes-postes dengan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Sukorejo 02 dan 03 Gunungpati Semarang Tahun 2011 yang berjumlah 84 siswa. Sampel berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil uji t berpasangan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai pretest dan postest pada masing-masing kelompok yaitu kelompok ekperimen (p=0,001) dan kontrol (p=0,001), sedangkan berdasarkan uji t tidak berpasangan diperoleh hasil nilai p=0,006, yang artinya terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar yang signifikan antara post test kelompok I (media power point) dan kelompok kontrol (flip chart). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut antara menggunakan media power point dan flip chart.

 

Purpose of this research is determine whether there is difference improving dental and oral health knowledge between media use power point and flip chart. This type of research is to study quasi ekperiment, using the method of pretest postes control group design. The population in this study were students of SDN Sukorejo 02 and SDN Sukorejo 03 District Gunungpati Semarang in 2011, amounting to 84 students. The Sample is 70 students. Instrument used was a questionnaire. Based on the results of paired t test is known that there were significant differences between pretest and postest value in each group of experimental group (p = 0.001) and controls (p = 0.001), whereas the unpaired t test based on the results obtained p-value = 0.006, which means that there are differences in the increase of knowledge of oral health in primary school students’ post test significant between group I (power point media) and the control group (flip chart).The conclusion of this study is that there are differences in improvement of oral health knowledge among media use Power Point and Flip Chart.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Oki Nurhidayat, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
How to Cite
Nurhidayat, O. (1). PERBANDINGAN MEDIA POWER POINT DENGAN FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUANKESEHATAN GIGI DAN MULUT. Unnes Journal of Public Health, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujph.v1i1.179

References

Arief S Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arsyad. Ashar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Bhisma Murti. 1997. Prinsip dan Metode Riset Epidemologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Donna Pratiwi. 2007. Gigi Sehat Merawat Gigi Sehari-hari. Jakarat:Kompas
Eliza Herijulianti. 2001. Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta:Penerbit Buku Kedokteran EGC
F.X. Sintawati. Indirawati Tjahya N. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebersihan Gigi Dan mulut Masyarakat DKI Jakarta Tahun 2007. Jurnal Ekologi Kesehatan. Volume 8. No-1. Maret 2009. hlm 860-873
Gempur Santoso. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Hanany AF. 2007. Perbedaan Daya Tangkap Siswa Terhadap Materi Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Antara Metode Penyuluhan Dengan Media Kartu Cerdas dan Flip Chart (Studi Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sedangmulyo 02 dan 06 Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi: DKK Semarang
Ida Bagus Tjitarsa. 1992. Pendidikan Kesehatan. Bandung: ITB dan Udayana
Ircham Machfoedz dan Asmar Zein Yetti. 2005. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-Anak dan Ibu Hamil. Yogyakarta:Fitramaya
Musyahid. A. 2008. Pemanfaatan Media Slide Presentasi dan Media Asli dalam Pembelajaran Konsep Sistem Saraf di SMAN 8 Semarang. Skrispsi :Semarang UNNES
Ratih Ariningrum. 2000. Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Jakarta:Hipocrates
Dwi Setyaningsih 2007. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Jakarta: CV. Sinar Cemerlang Abadi.
Soekidjo Notoatmodjo. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soekidjo Notoatmojo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soekidjo Notoatmojo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta:PT Rineka Cipta
Sopiyudin Dahlan. 2008. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta:Salemba Medika
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Yaslis Ilyas. 2001. Studi Kasus Karies Gigi di Indonesia. Jakarta:Penebar Swadaya