HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP SOPIR TRUK TENTANG HIV/AIDS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS (Studi Kasus di Area Pangkalan Truk Alas Roban Kabupaten Batang Tahun 2012)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kristawansari Kristawansari

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) yaitu suatu virus yang melumpuhkan sistem kekebalan tubuh sehingga menimbulkan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Di Indonesia jumlah pengidap HIV pada tahun 2011 bulan Juli sebanyak 26.483 orang. Sopir truk merupakan kelompok yang berisiko tertular HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap sopir truk tentang HIV/AIDS dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS di Area Pangkalan Truk Alas Roban Kabupaten Batang tahun 2012. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua sopir truk yang ada di pangkalan truk Alas Roban Kabupaten Batang sejumlah 200 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang pada saat penelitian memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan sopir truk tentang HIV/AIDS dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS  (p value=0,002), dan tidak ada hubungan antara sikap sopir truk tentang HIV/AIDS dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS (p value=1,000).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kristawansari, K. (2014). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP SOPIR TRUK TENTANG HIV/AIDS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS (Studi Kasus di Area Pangkalan Truk Alas Roban Kabupaten Batang Tahun 2012). Unnes Journal of Public Health, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujph.v2i3.3027