HUBUNGAN ANTARA KUALITAS SUMBER AIR MINUM DAN PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN DIARE DI DESA KARANGMANGU KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arry Pamusthi Wandansari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas sumber air minum dan pemanfaatan jamban keluarga dengan kejadian diare di desa Karangmangu Kecamatan Sarang kabupaten Rembang.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan secara cross sectional. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah penduduk desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 45 KK. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan a = 0,05) dengan uji fisher sebagai alternatifnya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara kualitas sumber air minum (p = 0,008) dan pemanfaatan jamban keluarga (p = 0,005) dengan kejadian diare. Saran bagimasyarakatdesaKarangmangubahwakesehatanlingkungandapatberpengaruhterhadapkejadiandiare. Hal tersebutkiranyadapatmengubahmasyarakat agar lebihmemerhatikankebersihanlingkungan, terutamadalamlingkuprumahtanggauntukmencegahterjadinyadiare. Diharapkanmasyarakatdapatlebihterbukaterhadapberbagaipelayanankesehatan lain.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wandansari, A. (1). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS SUMBER AIR MINUM DAN PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN DIARE DI DESA KARANGMANGU KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG. Unnes Journal of Public Health, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujph.v3i3.3537

References

Arif Mansjoer, dkk, 2001, Kapita Selekta Kedokteran Edisi Ke-tiga Jilid 2. Jakarta: Media Aescupulapius.

Atikah Proverawati dan Eni Rahmawati, 2012, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Yogyakarta: Nuha Medika.

Carrel, M., Escamilla, V., Messina, J., Giebultowicz, S., Winston, J., Yunus, M., Streat# eld, K.P. and Emch, M. 2011. International Journal of Health Geographics, 10: 41 didownload dari http://www.ij-healthgeographics.com/con-tent/10/1/41.

Departemen Kesehatan RI, 2012, Profil Kesehatan Indonesia 2011, Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dinkes Propinsi Jawa Tengah, 2011, Profil Propinsi Jawa Tengah Tahun 2011, Semarang : Dinkes Jateng.

George Pickett dan John Hanlon, 2009, Kesehatan Masyarakat Administrasi dan praktik, Jakarta: EGC.

Juli Soemirat Slamet, 2002, Epidemiologi Lingkungan, Yogyakarta: Gajah Mada Univerity Press.

Pemerintah Kecamatan Sarang, 2011, Profil Desa Karangmangu Tahun 2011, Rembang: Pemerintah Kecamatan Sarang.

_______________________ , 2012, Monografi Desa dan Kelurahan Kabupaten Rembang 2012, Rembang: Pemerintah Kecamatan Sarang.

Sarmanto, 2005, Faktor-faktor Resiko Pemanfaatan Jamban terhadap kejadian diare di wilayah kerja Puskesmas Karangayu, Tesis: Universitas Dian Nuswantoro.

Slamet Suyono, dkk, 2001, Ilmu Penyakit Dalam, Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Sukidjo Notoatmodjo, 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wiratna Sujarweni, 2002, Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian, Yogyakarta: Ardana Medika.

Zukibli, 2006, HubunganCakupan Air Bersih Dan JambanKeluargaDenganPrevalensiDiare Di Kabupaten Sambas Tahun 2006, Tesis: UniversitasDiponegoro.