EFEKTIVITAS MEDIA BOOKLET BRAILLE DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK TUNANETRA

  • Ellyza Ulya Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Booklet Media, Braille, Nutrition Knowledge, Blind Children

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada 10 siswa tunanetra di Kota Semarang tahun ajaran 2012/2013 didapatkan 60% siswa memiliki pengetahuan gizi yang kurang baik. Selain itu pada dua sekolah dasar luar biasa di Kota Semarang, yaitu SDLB Negeri Semarang dan SDLB A Dria Adi belum tersedia media booklet gizi dengan huruf Braille. Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas media booklet dengan huruf braille dalam meningkatkan pengetahuan gizi pada anak tunanetra di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan secara non random (non probability) sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunanetra di SDLB A Dria Adi dan SDLB Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa tunanetra. Hasil uji t test berpasangan diperoleh hasil signifikansi 0,000 berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara selisih nilai pretest dan posttest. Maka didapatkan hasil bahwa media booklet dengan huruf braille efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi anak tunanetra di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media booklet dengan huruf braille efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi pada anak tunanetra di Kota Semarang. Saran dari peneliti kepada pihak sekolah yaitu media booklet braille dapat dijadikan pertimbangan dasar dalam pembuatan media penyuluhan gizi.


Based on the pre study on 10 blind students in Semarang found 60% of students have a poor nutritional knowledge. SLB N Semarang and SLB A Dria Adi does not have nutrient media booklet in Braille. This study aims to effectiveness media booklet Braille in improving nutrition knowledge of blind children at Semarang City.The study was pre experiment with approaches One Group Pretest-Posttest Design. Sampling was done by non-random (non-probability) sampling with purposive sampling technique. The population in this study are all blind students in SLB A Adi and SLB N Semarang. Total sample is 15 blind students. Paired t-test results obtained 0,000 significant result, means that there are significant differences between pretest and posttest difference in value. It is shown that the booklet media braille is effective in improving nutrition knowledge of blind children at Semarang City.Based on the results of this study concluded that the media booklet Braille effective in improving nutrition knowledge in blind children at Semarang city. Advice from researchers to the school is booklet media with Braille can be taken into consideration in making basic nutrition counseling media.

Author Biography

Ellyza Ulya, Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Anderson, AS, et al. 2004. The Impact of a School-Based Nutrition Education Intervention on Dietary Intake and Cognitive and Attitudinal Variables Relating to Fruits and Vegetables. Public Health Nutrition. Volume VIII. No 6. September 2004. hlm. 650–656.

B, Budioro. 2002. Pengantar Pendidikan (Penyuluhan Kesehatan Masyarakat. Undip. Semarang.

Dahlan, Sopiyudin. 2011. Statistika untuk Kedokteran dan Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta.

Depkes RI. 2002. Pedoman Umum Gizi Seimbang bagi Remaja. Ditjen Gizi Masyarakat. Jakarta.

Published
2014-10-17
How to Cite
Ulya, E. (2014). EFEKTIVITAS MEDIA BOOKLET BRAILLE DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK TUNANETRA. Unnes Journal of Public Health, 3(4). https://doi.org/10.15294/ujph.v3i4.3888