FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAKAN SIANG DI SD AL MUSLIM TAMBUN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

. Rohayati
Intan Zainafree

Abstract

Saat ini belum ada evaluasi terhadap penyelenggaraan makan di sekolah yang dapat memberikan penilaian yang obyektif terhadap program tersebut sehingga pada praktiknya siswa hanya diberikan makanan yang sesuai dengan anggaran dana yang ada, bukan berdasarkan pertimbangan kecukupan gizi dan masalah gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan penyelenggaraan program makan siang di SD Al Muslim Tambun Bekasi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan rancangan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini bersifat sementara dengan teknik snowball sampling. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, petugas dalam kegiatan manajemen sistem penyelenggaraan makan siang, dan siswa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu credibility atau kredibilitas dengan pendekatan triangulasi data.Kesimpulan dari penelitian ini adalah input (sumber daya manusia, tingkat pengetahuan gizi guru, dana, sarana prasarana, tingkat kecukupan zat gizi siswa, status gizi), dan proses (perencanaan menu hingga penyajian dan distribusi) semuanya saling terkait dan perlu dilakukan secara maksimal untuk menghasilkan output (penyelenggaraan program makan siang) di Sekolah Dasar Al Muslim Tambun Bekasi yang baik dan maksimal pula.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

. Rohayati, Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Rohayati, ., & Zainafree, I. (2014). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAKAN SIANG DI SD AL MUSLIM TAMBUN. Unnes Journal of Public Health, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujph.v3i3.5517

References

Budiyanto, 2002, Gizi dan Kesehatan, UMM Press, Malang.

Depkes RI, 2001, Komposisi Zat Gizi Makanan Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Gizi Anak Usia Sekolah Memprihatinkan, Senin 5 Jan 2010, diakses tanggal 28 April 2012, (http://health.kompas.com/read/2011/01/25/0416225/Gizi.Anak.Usia.Sekolah.Memprihatinkan)

Gregoire, Mary B, Spears, MC, 2007, Foodservice Organization, A Managerial and System Approach, 6th Edition, Pearson, Prentice Hall, New Jersey.

Isdaryanti, C, 2007, Asupan Energi Protein, Status Gizi, dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Arjowinangun I Pacitan, Skripsi, Universitas Gajah Mada.