BUKU GIZI BRAILLE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TUNANETRA

  • Resa Wahyuni Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Galuh Nita Prameswari Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Knowledge, Blind, blind, Book, book, Braille

Abstract

Anak tunanetra memiliki resiko yang sama seperti anak normal untuk mengalami masalah gizi karena kurangnya pengetahuan gizi, sehingga diperlukan pendidikan gizi beserta media tepat untuk dapat meningkatkan pengetahuan gizi anak-anakĀ  tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan gizi buah dan sayur sebelum diberi dan setelah diberi media buku gizi braille pada anak tunanetra di Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa (MILB) Budi Asih Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest posttest design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan total sampling karena jumlah populasi yang terbatas, yaitu sebanyak 7 sampel. Diperoleh rata-rata skor untuk pre test sebesar 10,57, dan rata-rata skor post test sebesar 16,71. Berdasarkan uji t test berpasangan yang telah dilakukan, diperoleh nilai sig (0,018) < 0,05 hal ini berati terdapat perbedaan yang signifikan antara skor sebelum diberi media buku gizi braille dan setelah diberi media buku gizi braille.

Children with visual impairment have the same risk as eyesight children to have a nutrition problems because the lack of nutrition knowledge, in order to the nutrition education is required with the appropriate media to be able to improve theirs nutrition knowledge. This study aimed to know the significant different about nutrient of fruits and vegetables knowledge before and after given nutrient book in children with visual impairment at Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa (MILB) Budi Asih Semarang. The type of this research was pre experiment with one group pretest posttest design approach. Sampling was used total sampling because the population was limited, there were 7 samples. The mean of pre test score was 10,57 dan post score was 16,71. Based on the paired t test, the value of sig (0,018) <0,05 it means there were significant differences between score before given nutrient media braille book and score after given nutrient media braille book.

Author Biographies

Resa Wahyuni, Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Galuh Nita Prameswari, Gedung F1 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

--------------------. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

---------------------. (2012). Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurta, Y. (2013). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus,. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Bagi Anak Low Vision Melalui Media Krtu Kata, 1(1), 33-43.

Permanasari, Y., Luciasari, E., & Aditianti. ( 2013). Jurnal Penelitian Gizi Makan. Pengembangan Media Edukasi Melalui Buku Mewarnai untuk Peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 36(1), 31-43.

Rudiyati, S. (2006). Jurnal Pendidikan Khusus. Task Analysis dan Pendekatan Fungsional-Individual dalam Pembelajaran Anak Berkelainan, 2(2), 72-84.

------------- (2009). Jurnal Pendidikan Khusus .Latihan Kepekaan Dria Non-Visual bagi Anak Tunanetra Buta, 5(2), 55-67.

Santoso, S., & Ranti, A.L. (2013). Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suiraoka, I Putu dan I Dewa Byoman Supriasa, 2012, Media Pendidikan Kesehatan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ulya, E., Budiono, I, & Mardiana. (2014). Unnes Journal of Public Health. Efektivitas Media Booklet Braille dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi pada Anak Tunanetra, 3(3),48-55.

Widjaya, A. (2012). Seluk Beluk Tunanetra dab Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Yuliawati, F. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi ISLAM-SAINS untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan alam Semesta, 2(2), 169-177

Published
2016-01-17
How to Cite
Wahyuni, R., & Prameswari, G. (2016). BUKU GIZI BRAILLE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TUNANETRA. Unnes Journal of Public Health, 5(1), 57-66. https://doi.org/10.15294/ujph.v5i1.9704