Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik

  • Candra Dewi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Budi Astuti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sunyoto Eko Nugroho Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida dinamis melalui pembelajaran discovery learning. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil melalui teknik simple random sampling, didapatkan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest-posttest kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari soal benar-salah dan soal uraian. Hasil penelitian dianalisis melalui uji normalitas, uji gain, dan uji hipotesis. Hasil uji gain menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,52 lebih besar dari nilai gain kelas kontrol yang hanya 0,33. Hasil ini diperkuat oleh uji hipotesis yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran discovery learning dengan menggunakan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik.

 

This study aims to determine critical thinking skills after using physics based teaching materials on a scientific approach to dynamic fluid materials through discovery learning. The population is the students of class XI SMA Negeri 6 Semarang academic year 2016/2017. The sample of this research is taken by simple random sampling, obtained XI MIPA 6 as control class and XI MIPA 7 as experiment class. The instrument used is pretest-posttest critical thinking skills consisting of true-false quetions and essay. The results were analyzed through normality test, gain test, and hypothesis test. The result of the gain test shows that the students critical thinking ability is 0,52 bigger than the control class gain value which is only 0,33. This result is reinforced by hypothesis test which shows that students' critical thinking ability is higher than control class. Therefore, it can be concluded that there is an improvement of students critical thinking skills through discovery learning by using physics-based teaching materials approach..

Published
2018-11-29
Section
Articles