IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS PROBLEM POSING (PP) PADA PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS

  • Umu Afiatun Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Ngurah Made Dharma Putra Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Think Pair Share, Problem Posing, learning outcomes, critical thinking skills, fluid dynamic.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa model Think Pair Share berbasis Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan fluida dinamis. Pengambilan data diperoleh dari aspek kognitif yaitu nilai hasil pretest dan posttest dan pengamatan. Pengolahan data dengan menggunakan analisis uji gain dan uji t pihak kanan. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,79 > 0,58).  Dan peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,33 > 0,32). Jadi dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbasis Problem Posing efektif digunakan pada pokok bahasan fluida dinamis.

 

This research was conducted to know that learning by Think Pair Share based on Problem Posing models can improve the learning outcomes and the ability of critical thinking skills of students in Fluid Dynamic lessons. Data obtained from the cognitive aspects of the score of the pretest and posttest, and observation. Data processing using gain test and t test. The improvement of learning outcomes of the experimental class higher than the control class (0.79> 0.58). And the improvement of critical thinking skills of the experimental class higher than the control class (0.33> 0.32). So it can be concluded that the learning model Think Pair Share based on Problem Posing can improve learning outcomes and students critical thinking skills in fluid dynamic lessons.

References

Desminta. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran TPS dengan media CD Interaktive dan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar siswa materi Bangun Prisma dan Limas Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 11 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Semarang : IKIP PGRI Semarang.

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga

Ghasempour, Z., M.N. Bakar, & G.R. Jahanshahloo. 2013. Innovation in Teaching and Learning through Problem Posing Tasks and Metacognitive Strategies. International Journal of Pedagogical Innovations, Int. J. Ped. Inn. 1, No.1, 53-62.

Imkari, S. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan Retensi Mahasiswa Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahma, A.N. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan Sets Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Menumbuhkan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Educational Research and Evaluation 1(2) : 134.

Rasmawan, R. 2009. Penerapan Model Problem Posing Bersetting Cooperatif Tipe Think Pair Share Pada Topik Asam Basa Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 1 No. 1. Januari 2010:55-64.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suradi. 2005. Interaksi Siswa SMP dalam Belajar Matematika Secara Kooperatif. Surabaya: PPS UNESA Surabaya.

Section
Articles