Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Pada Materi Gerak

  • Wahyu Dwi Puspitasari Universitas Islam Blitar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah yang baik dapat diperoleh dari proses melatihkan kemampuan tersebut selama pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, sorang guru perlu untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik pula. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru biologi maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah dan dilanjutkan dengan melakukan wawancara kepada setiap subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 mahasiswa pendidikan biologi 2 mahasiswa termasuk level kemampuan pemecahan masalah baik, 1 mahasiswa termasuk ke dalam level kemampuan pemecahan masalah cukup baik, dan 2 mahasiswa termasuk ke dalam level kemampuan pemecahan masalah kurang baik.

Published
2022-08-03
Section
Articles