Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Self-Efficacy
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal, self-efficacy, dan motivasi berprestasi siswa kelas 8 di SMP Teuku Umar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan 227 orang responden yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Angket komunikasi interpersonal, skala psikologi self-efficacy, dan skala psikologi motivasi berprestasi digunakan untuk pengumpulan data. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kemampuan komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi pada siswa memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,476, P < 0,01), kemudian antara self-efficacy dengan motivasi berprestasi memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,620, P < 0,01). Begitu pula antara kemampuan komunikasi interpersonal dan self-efficacy dengan motivasi berprestasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan (R = 0,644, F = 46,691, P < 0,01). Penelitian ini memberikan implikasi pada guru Bimbingan dan Konseling untuk memberikan layanan Bimbingan dan Konseling guna meningkatkan motivasi berprestasi melalui pengembangan kemampuan komunikasi interpersonal dan self-efficacy siswa.
Kata kunci : kemampuan komunikasi interpersonal, self-efficacy, motivasi berprestasi
ABSTRACT
This research aims to know the relationship of interpersonal communication, self-efficacy,achievement motivation grade 8 studentsin junior high Teuku Umar Semarang. This research is an ex post facto research with 227 respondents obtained using random sampling. Now interpersonal communication, psychology of self-efficacy scale,and scale of motivational psychology overachievers are used in the collection of data. The data were analyzed using correlation. The results showed that there was a significant relationship between interpersonal communication skills with motivation on student achievers (R = 0.476, P < 0.01), and self-efficacy with motivated achievers has a significant relationship (R = 0.620, P < 0.01). Similarly, between interpersonal communication and self-efficacy with achievement motivation have significant relationship (R = 0.644, F = 46.691, P < 0.01). The implications of this research on teachers ' guidance and Counselling to provide guidance and Counselling services in order to increase the motivation of achieving good results through the development of interpersonal communication skills and self-efficacy of students.
Keywords: interpersonal communication, self-efficacy, achievement motivation.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy The Exercise Of Control. New York: WH Freeman and Company.
Chowdhury, Mohammed S. and A.M.Shahabuddin S. and A.M.Shahabuddin. (2007). Self-efficacy, motivation and their relationship to academic performance of Bangladesh College Students. College Quarterly Winte. 10(1)
Erozkan, Atilgan. (2013). The Effects of Communication Skills and Interpersonal Problem Solving Skills on Social Self-Efficacy. Educational Sciences: Theory & Practice. 13(2)
Haryani dan Tairass. (2014). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Berprestasi Dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 3(1) : 33-34
Motlagh, Shahrzad Elahi dkk. (2011). The relationship between self-efficacy and academic achievement in high school students. Procedia Social and Behavioral Sciences. 15(1)
Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Gelora Aksara Pratama: Erlangga.
Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Priyatno, Dwi. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Santrock, Jhon. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
, (2007). Psikologi Pendidikan (edisi ke-2). Jakarta: Kencana Fajar Putra Grafika.
Sapril. (2011). Komunikasi Interpersenal Pustakawan. Jurnal Iqra’. 5(1) : 6-7
Saeid, Nasim and Tahere Eslaminejad. (2016). Relationship between Student’s Self-Directed-Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in Students. International Education Studies. Published by Canadian Center of Science and Education. 10(1)
Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyo. (2005). Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suranto. (2011). Komunikasi Interpersenoal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Uno, H.B. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya Analiasis Dibidang Pendidikan (1rd ed). Jakarta: Bumi Aksara.
Utomo, P., Ari Probandari dan Nunuk Suryani. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen dan Antar Mahasiswa dengan Motivasi Belajar. Jurnal Keterapian Fisik. 1(2): 75-152
Yufita & Budiarto. (2006). Motivasi kerja guru ditinjau dari sefl-efficacy dan iklim. Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi. 8(2):181-195.
Wijono, Sutarto. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Kencana