Pengembangan Media Pembelajaran Wawasan Dasar BK Berbasis Android Untuk Mahasiswa UNIB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anna Ayu Herawati
Afifatus Sholihah
I Wayan Dharmayana
Arsyadani Mishbahuddin

Abstract

Penelititian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran wawasan dasar BK berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Research and Development (R&D) yang dilakukan mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D), yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 BK UNIB. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penilaian terdiri dari Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan penilaian oleh mahasiswa semuanya berada dalam katagori “layak” sehingga aplikasi ini sengat baik untuk digunakan. Respon mahasiswa setelah menggunakan aplikasi ini juga baik dan berada dalam katagori “setuju” artinya mahasiswa setuju dan tertarik dengan aplikasi android yang digunakan.


This research has the aim of developing an android-based basic insight learning media for BK. The method used in this research is Research and Development (R&D). Research and Development (R&D) carried out refers to the 4D (four-D) research and development model, namely defining, designing, developing, and disseminating. The total population of the study was UNIB BK undergraduate students. The sampling technique used was random sampling. The results of validation by material experts, media experts, and assessments by students are all in the "appropriate" category so this application is very good to use. Student responses after using this application are also good and are in the "agree" category, meaning that students agree and are interested in the android application used.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Herawati, A., Sholihah, A., Dharmayana, I., & Mishbahuddin, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wawasan Dasar BK Berbasis Android Untuk Mahasiswa UNIB. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 55-69. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i1.53929

References

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan mobile learning bagi pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97-101.

Andari. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6 (1), 65-75.

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695-701.

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bambang. (2013). Infografis Opera: Data pengguna mobile di Indonesia (website hingga gadget terpopuler). http://gadgetan.com/infografis-opera-datapengguna-mobile-di-indonesia-website-hingga-gadget-terpopuler/48786. Diakses pada tanggal 04 Mei 2020.

Bangun, N., & Saragih, A. H. (2015). Pengembangan media web bimbingan konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1).

Bariyyah, K. (2013). “Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa dengan Teknik Cognitive-Behavioral Stres Management”. Proseding Kongres XII, Konvensi XVIII Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia dan Seminar Internasiol Konseling. Denpasar Bali

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.

Chusni, M. M., Zakwandi, R., Ariandini, S., Aulia, M. R., Nurfauzan, M. F., & A Azmi, T. (2018). APPY PIE UNTUK EDUKASI_Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android.

Darmawan. (2016). Mobile Learning sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone BerbasisAndroid Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59-64.

Hafidz, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Android Untuk Materi Pemrograman Dasar Di SMK Negeri 5 Malang. (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Herawati, dkk. (2021). Layanan Penguasaan Konten Berbasis Digital Game Based Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11 (2), 157-167.

Irawan, H. (2021). Polemik Dana Pendidikan di Era Covid-19 Bagi Masyarakat Menengah ke Bawah. AR-ROSIKHUN: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Istiâ, F. N., Arumsari, C., Imaddudin, A., Sugara, G. S., Nugraha, A., & Sulitiana, D. (2021, February). Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dalam layanan bimbingan dan konseling di masa adaptasi kebiasaan baru. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP (pp. 235-238).

Kurniawan, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Inovatif Berbasis Android berbantuan App Builder Appypie berdasarkan Taksonomi Bloom pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation of android based mobile Learning application as a flexible learning Media. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 11(3), 168.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Ningsih, S., Yandri, H., Sasferi, N., & Juliawati, D. (2020). An Analysis of Junior High School Students’ Learning Stress Levels during the COVID-19 Outbreak: Review of Gender Differences. Psychocentrum Review, 2(2), 69–76. https://doi.org/10.26539/pcr.22321

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Rahmat, H. K. (2019). Mobile Learning Berbasis Appypie sebagai Inovasi Media Pendidikan untuk Digital Natives dalam Perspektif Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1).

Rahmawati, W. K. (2017). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1).

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Setyantoko, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Atletik untuk Siswa SMP Kelas VII. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(1).

Suryani, Nunuk & Agung, Leo. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak (Anggota IKAPI)

Syarisma, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantu Aplikasi Appypie Pembelajaran Fluida di SMAN 3 Bontang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Wahyudi, Ade. (2015). Indonesia, Raksasa Teknologi Digital Asia. http://katadata.co.id/opini/2015/09/29/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia#sthash.hmXDpXjY.dpbs. Diakses tanggal 20 Februari 2015.