Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat komunikasi interpersonal, interaksi social, dan hubungan antara komunikasi interpersonal dengan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan jumlah populasi 319 siswa dengan Teknik sampling simple random sampling sebanyak 80 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal dan skala interaksi sosial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan tingkat komunikasi interpersonal dan interaksi sosial siswa termasuk tinggi, dan hasil analisis product moment menggambarkan hubungan komunikasi interpersonal dan interaksi social juga termasuk tinggi (M=0,902).
This research aims to determine the level of interpersonal communication, social interaction, and the relationship between interpersonal communication and social interaction of 8th class at junior high schools. This research used quantitative research with a population of 319 students with a simple random sampling technique of 80 students. The data collection tool uses an interpersonal communication scale and a social interaction scale. The results of descriptive analysis describe the level of interpersonal communication and social interaction of students, including high, and the results of product moment analysis describing the relationship of interpersonal communication and social interaction is also high (M = 0.902).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ropiyah, R., & Awalya, A. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Baru SMK. Konseling Edukasi: Journal Of Guidance and Counseling, 5(1), 1-14.
Beckstead, S., & Goetz, L. (1990). EASI 2 Social Interaction Scale, v. 6.
Damayanti, F., Kurniawan, K., & Setyowani, N. (2017). Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Dilihat dari Pola Asuh dan Konsep Diri pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i4.18654
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia, edisi kelima (terjemahan). Jakarta: Karisma Publishing Group.
DeVito, J. A., & DeVito, J. (2007). The interpersonal communication book.
Fahrunnisa. (2019). Hubungan Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal dengan Interaksi Sosial Pada Siswa MTs Negeri 1 Langkat.
Farhan. (2018). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI di MAN 2 Tanah Datar.
Haryadi, S., & Muslikah. (2013). Perkembangan Individu. Deepublish.
Liliweri, A. (2007). Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Pustaka Pelajar.
Miraningsih, W., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2013). Hubungan Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Perilaku Reproduksi Sehat Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i2.3073
Mulya, R. (2016). Hubungan Interaksi Sosial dengan Kepuasan Kerja Pustakawan pada UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Nashrillah. (2017). Peranan Interaksi dalam Komunikasi Menurut Islam. 11(1), 92–105.
Permatasari, E. D. (2018). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Petugas Lembaga Pemasyarakatan Dengan Warga Binaan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB, Probolinggo) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).
Priyanto, B. (2016). Interaksi Sosial Anak-anak Jalanan dengan Teman Sebaya di Yayasan Setara Kota Semarang. 4(4).
Rosyadah, H., & Supriyo, S. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy dan Kohesivitas dengan Komunikasi Antarpribadi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i4.4601
Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
Sudjarwo. (2015). Proses Sosial dan Interaksi Sosial dalam Pendidikan. Mandar Maju.
Sugiyo. (2017). Komunikasi Antar Pribadi. Unnes Press.