Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Toleransi Beragama Siswa SMK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nabila Salma Salsabila
Ela Nur Fadilah
Najlatun Naqiyah

Abstract

Pola asuh orang tua memegang peran yang penting dalam kehidupan sosial terutama berkaitan dengan hubungan antar individu dalam menumbuhkan rasa toleransi beragama. Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat pengaruh dari pola asuh orang tua yang didalamnya dibagi menjadi tiga, yakni demokrasi, otoriter, dan permisif terhadap sikap toleransi beragama siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Dharma Bahari Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan teknik regresi linear berganda. Sampel yang diambil sebanyak 35 siswa melalui teknik simple random sampling. Perolehan data yang dianalisis menunjukkan hasil yakni: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua demokrasi dengan toleransi beragama (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan toleransi beragama (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua permisif dengan toleransi beragama anak (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara tipe pola asuh orang tua demokrasi, otoriter dan permisif terhadap toleransi beragama anak. Sehingga dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan landasan bagi guru BK dalam memberikan layanan BK yang berhubungan dengan pola asuh orang tua terhadap perilaku siswa khususnya toleransi beragama, mengingat pentingnya perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari salah satunya di lingkungan sekolah yang memiliki keberagaman agama.


Parenting play an important role in social life, especially with regard to relationships between individuals in increasing a sense of religious tolerance. This study aims to examine the effect of parenting (democratic, authoritarian, permissive) on the religious tolerance of students at Dharma Bahari Vocational High School Surabaya. The approach used in this study is quantitative correlation with multiple linear regression techniques. Samples were taken as many as 35 students through simple random sampling technique. The data obtained analyzed showed the results, namely: (1) there was a significant influence between democratic parenting and religious tolerance (2) there was no significant effect between authoritarian parenting and religious tolerance of children (3) there was no significant effect between permissive parenting and religious tolerance of children (4) there is a jointly significant effect between democratic, authoritarian and permissive parenting styles on children's religious tolerance. So that this research is able to provide a basis for counseling teachers in providing services related to parenting patterns on student behavior, especially religious tolerance considering the importance of religious tolerance in everyday life, one of which is in a school environment that has religious diversity student.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Salsabila, N., Fadilah, E., & Naqiyah, N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Toleransi Beragama Siswa SMK. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 34-44. https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.57004

References

Aidil, S., & Adawiyah, F. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Keagamaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Koto Tuo Pulau Tengah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(1), 1–9.

Andika. (2020). Intoleransi Di Kalangan Siswa. https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-04123313/intoleransi-di-kalangan-siswa

Craig, C. J. (2011). Narrative inquiry in teaching and teacher education. In Narrative inquiries into curriculum making in teacher education. Emerald Group Publishing Limited.

Enjang, E. M., & Irfan, I. S. (2019). Intoleransi Keagamaan dalam Framing Surat Kabar Kompas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 17–34.

Fatchurahman, M. (2012). Kepercayaan diri, kematangan emosi, pola asuh orang tua demokratis dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Ghufron, M. N., & Rini Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi, yogyakarta. Ar-Ruzz Media, 17.

Hurlock. (1994). Psikologi Perkembangan. Gelora Aksara Pratama.

Istiqomah, H. F. B. (2020). Hubungan Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Toleran Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelurahan Pondok Cabe Udik Tahun 2019.

Izzati, F. A. (2021). Pentingnya Sikap Toleransi Dan Empati Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik (Good Citizenship) Di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 85–90.

Mandarinnawa, N. K. (2016). Pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial peserta didik kelas XI di SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Semarang: Unpublished Thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Muin, S. (2015). Peran Pola Asuh Permisif, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Membolos Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4477

Munir, Z., & Nisa, A. K. (2022). ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBALAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Keperawatan Profesional, 10(1), 1–12.

Nadhrah, S., Lukman, A. S., & Syahfitri, D. (2022). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Beragama Siswa Di SMA Swasta Sri Langkat Tanjung Pura. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 100–111.

Prasetya, M. B., & Listyaningsih. (2016a). Pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai toleransi beragamaa pada anak di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Journal of Youth and AdolescenceAdolescence, 1(4), 216–230. https://www.researchgate.net/publication/225450758_Parenting_Peer_Orientation_Drug_Use_and_Antisocial_Behavior_in_Late_Adolescence_A_Cross-National_Study

Prasetya, M. B., & Listyaningsih, L. (2016b). Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Toleransi Beragama pada Anak di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan.

Pravitasari, T. (2012). Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos. Educational Psychology Journal, 1(1), 1–8.

Rohmah, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Sikap Toleransi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2020.

Rosalina, N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Self Esteem, dan Motivasi terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP. Universitas Negeri Surabaya.

Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak.

Simanjuntak, M. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak.

Suryowati, E. (2017). Asal Muasal Penelitian Kemendikbud Dan Temuan Sikap Intoleransi Di Sekolah…. https://nasional.kompas.com/read/2017/05/03/14380761/asal.muasal.penelitian.kemendikbud.dan.temuan.sikap.intoleransi.di.sekolah.?page=all

Tridonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.

Tusyadiah, H. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orangtua Dengan Empati Pada Mahasiswa uin Suska. Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

Verkuyten, M., & Kollar, R. (2021). Tolerance and intolerance: Cultural meanings and discursive usage. Culture & Psychology, 27(1), 172–186.

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2).