Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling pada Peserta Didik Sekolah Menengah: Systematic Literature Review

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nabila Hamzati
Najlatun Naqiyah

Abstract

Untuk membantu permasalahan karier peserta didik, guru bimbingan konseling perlu mempertimbangkan teknik yang akan digunakan. Salah satu teknik yang dapat dimanfaatkan oleh guru bimbingan konseling sebagai upaya membantu permasalahan karier peserta didik ialah dengan teknik modeling. Artikel ini bertujuan dalam menganalisis penelitian relevan untuk mengetahui efektivitas teknik modeling dalam bimbingan karier, jenis teknik modeling, dan prosedur pelaksanaan teknik modeling dalam bimbingan karier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode systematic literature review (SLR). Data literatur diperoleh dari beberapa laman seperti Google Scholar, Sinta Ristekbrin, dan Garuda Ristekbrin. Untuk meninjau data literatur, digunakan kata kunci utama yaitu “teknik modeling” atau “modeling technique” dan “karier” atau “career”. Sejumlah 20 literatur yang telah terpilih pada tahap penyortiran kemudian dianalisis. Efektivitas dari penggunaan teknik modeling untuk mengatasi masalah karier yang teruji pada penelitian-penelitian relevan diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi guru bimbingan konseling untuk memanfaatkan teknik modeling dalam membantu permasalahan karier peserta didik di sekolah menengah .


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hamzati, N., & Naqiyah, N. (2023). Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling pada Peserta Didik Sekolah Menengah: Systematic Literature Review. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 1-17. https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.60186

References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).

Agus, T. H. (2019). Pengaruh Informasi Karir terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik di SMA Negeri 3 Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Ainul Fahmi, Muhammad Jufri, A. S. (2018). Pengaruh Modeling Langsung terhadap Perencanaan Karir Siswa di MAN 2 Model Makassar. Pascasarjana.

Ardana, I. N. S., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Karir Holland dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Arni, C. O., & Prasetyawan, H. (2021). Inovasi Bimbingan Karir dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1.

Aswidy Wijaya Cipta, Muhammad Ibrahim, A. S. (2018). Pengaruh Teknik Modeling Simbolis Biografi Tokoh Karier terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 58–66. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.99

Attika, S., Nurihsan, J., & Budiamin, A. (2020). Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Kematangan Karier Peserta Didik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 19–29.

Brown, S. D., Hacker, J., Abrams, M., Carr, A., Rector, C., Lamp, K., Telander, K., & Siena, A. (2012). Validation of A Four-Factor Model of Career Indecision. Journal of Career Assessment, 20(1), 3–21.

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Nelson Education.

Fadhli, T. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Karier dengan Menggunakan Teknik Live Modeling dan Symbolic Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 30–34.

Fahmi, A. (2021). Gambaran Perencanaan dan Pelaksanaan Modeling Langsung Karir Siswa di MAN 2 Model Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 175.

Irmayanti, R. (2019). Perencanaan Karier Pada Peserta Didik SMP. Quanta, 3(1), 1–6.

Keumala, E., Nurihsan, J., & Budiamin, A. (2018). The Development of Career Learning Program with Modeling Technique to Improve Student Career Awareness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 53–61.

Khotimah, K., & Wiryosutomo, H. W. (2019). Pengembangan Buku Panduan Informasi Karier untuk Siswa Kelas XI Jurusan Multimedia SMKN 12 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 10(1).

Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. UK.

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68–76.

Magendra, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Modeling Simbolik dalam Bimbingan Kelompok terhadap Pemahaman Karier Siswa Kelas X SMK Al-Islah Surabaya. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 33(1).

Muttaqin, R., Wagimin, W., & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 174–179.

Nadiana, I. K., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Bimbingan Karir Super dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Rencana Keputusan Karir pada Siswa Kelas IX B5 SMPN 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Novanti, A. Y., Rakhmawati, D., & Lestari, F. W. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA N 1 Moga. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 63–68.

Nur, I. Z. (2021). Kematangan Karir Siswa SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Konsep Diri. UIN Raden Intan Lampung.

Nursalim, M. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Priyatno, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 49–56.

Sakti, A. A. A. K., & Nursalim, M. (2019). Pengembangan Software E-Career untuk Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sekaran. Jurnal BK UNESA, 9(3).

Santi, D. E. P., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Konseling Karir Trait dan Factor dengan menggunakan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Rencana Pilihan Karir Siswa Kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Statistik, B. P. (2021). Agustus 2021 https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html. Diakses Pada Tanggal 5 Desember, 8.

Suprayogi, D. (2021). Penggunaan Strategi Modeling dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi dalam Memilih Karier Siswa SMK. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(1), 49–55.

Verianto, A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Violina, E. I. (2017). Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 2(2).

Wahyuni, S., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2018). The Effectiveness of Group Guidance with Modelling in Increasing The Maturity of Career Choice. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(1), 37–46.

Yulia, Y., Bunu, H. Y., Suriatie, M., del Lena, M., & Samuda, R. (2021). Penerapan Teknik Modeling Simbolis dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa SMPN 6 Palangka Raya. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(2), 102–109.

Zacher, H., Ambiel, R. A. M., & Noronha, A. P. P. (2015). Career Adaptability and Career Entrenchment. Journal of Vocational Behavior, 88, 164–173.

Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 145–155.