Psychological Well-Being dan Self-Compassion Mahasiswa di Mahad IAIN Salatiga
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Mahad merupakan pendidikan pesantren lanjutan yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan tinggi. Mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi dapat meningkatkan ilmu keagaamaan melalui Mahad. Tantangan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di mahad untuk dapat membagi waktu antara kegiatan kampus dan mahad. Padatnya aktivitas acapkali membuat mahasiswa tidak banyak yang mampu untuk bertahan menempuh pendidikan di mahad. Riset ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psychological well-being (kesejahteraan psikologis) dan self-compassion (welas asih terhadap diri). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri mahad salah satu perguruan tinggi islam di kota salatiga. Instrumen yang digunakan adalah adaptasi skala psychological well-being Riff (Riff’s Well Being Scale) dan adaptasi skala self-compassion Neff (The Self-Compassion Scale). Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan tingkat psychological well-being (kesejahteraan psikologis) dan self-compassion (welas asih terhadap diri) jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hasil uji-t pada psychological well-being diperoleh hasil nilai Sig (2)-tailed sebesar 0.015 > 0.05 yang artinya tidak ada perbedaan tingkat psychological well-being antara laki-laki dan perempuan. Hasil yang sama, hasil uji-t pada self-compassion diperoleh nilai Sig (2)-tailed sebesar 0.471 > 0.05 yang artinya tidak ada perbedaan tingkat self-compassion antara laki-laki dan perempuan
Mahad is an advanced pesantren education carried out at the higher education level. Students pursuing higher education can improve their religious knowledge through Mahad. The challenge for students studying at Mahad is to be able to divide their time between campus activities and Mahad. The density of activities often makes not many students able to survive studying at Mahad. This research aims to determine the description of psychological well-being and self-compassion. The research method used is quantitative. The subjects used in this study were students of an Islamic university in the city of Salatiga. The instrument used is the adaptation of Riff's psychological well-being scale (Riff's Well Being Scale) and the adaptation of Neff's self-compassion scale (The Self-Compassion Scale). Data analysis used a t-test to determine differences in the levels of psychological well-being and self-compassion of the male and female sexes. The results of the t-test on psychological well-being obtained the results of the Sig (2)-tailed value of 0.015 > 0.05, which means that there is no difference in the level of psychological well-being between men and women. The same results, the results of the t-test on self-compassion obtained a Sig (2)-tailed value of 0.471 > 0.05, which means that there is no difference in the level of self-compassion between men and women.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Departemen Agama RI. (2015). Al-Quran Terjemahan. Bandung: CV Darus Sunnah.
Ghorbani, N., Watson, P.J. Chen, Z, Norballa, F. (2012). Self-Compassion in Iranian Muslims: Relationships With Integrative Self-Knowledge, Mental Health, and Religious Orientation. International Journal for the Psychology of Religion, 22(2), 106-118. DOI: 10.1080/10508619.2011.638601.
Halim, C.F. & Dariyo, A. (2016). Hubungan Psychological Well-Being dengan Loneliness pada Mahasiswa yang Merantau. Jurnal Psikogenesis,4(2), 170-181.
Huppert, F.A. (2009). Psychological Well-Being: Evidence Regarding Its Causes and Consequences. Applied Psychology: Health and Well-Being,1 (2), 137-164.
Jumaeda, S. (2017). Ma"had al-Jamiah di Institut Agama Islam Negeri Ambon. AlIltizam, 2(1), 1–11.
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan. Misykat: Jurnal ilmu-ilmu Al-Quran, Hadits, Syariah dan Tarbiyah, 3(1), 137-154.
Karinda, F.B. (2020). Belas Kasih Diri (Self Compassion) pada Mahasiswa. Cognicia, 8(2), 234-252.
Lintang, H.M. (2018). Analisa Pengaruh Self-Compassion dan Social Support Terhadap Resiliensi Diri Anggota Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Malang. (Unpublished thesis) Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia.
Mardhika, M.K. & Hidayati, B.M.R. (2019). Psychological Well-Being pada Santri Ngrowot di PP.Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri Journal An-nafis, 4(2), 201-224.
Nasir, M.N. (2016). Reflection on Compassion in Islam and Malay Sufi Identity. International Journal of the Malay World and Civilisation, 4(2), 103-110. DOI: 10.17576/IMAN-2016-0402-10.
Neff, K. D. (2003). The development and validation of a scale to measure self-compassion. Self and Identity, 2, 223–250. DOI:10.1080/15298860309027.
Neff, K., & Costigan, A. (2014). Self-compassion, Wellbeing, And Happiness. Psychology in österreich. 2(3), 114-117.
Nurhalimah, S. & Kadir, A. (2021). Pengelolaan Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 142-163.
Permana, F. (2018). Pendidikan Ma’had ‘Aly Sebagai Pendidikan Tinggi Bagi Mahasantri. Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan, 16(1), 1-16.
Ramadhan, Y. A. (2012). Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Santri Penghafal Al-Quran. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(1), 27–38. DOI: 10.20885/psikologika.vol17.iss1.art3.
Ratnasari, D., Miskanik, Rahmaniah, A. (2018). Use of Religious Counseling (Islami) to Improve Psychological Well-being on Students of SMK Nusantara Wisata Respati Jakarta. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 6-19. DOI: 10.26539/teraputik.21165.
Renggani, A.F. & Widiasavitri P.N. (2018). Peran Self-Compassion terhadap Psychological Well-Being Pengajar Muda di Indonesia Mengajar. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 428-439.
Revelia, M. (2016). Pengaruh Big Five Personality Dan Adversity Quotient Terhadap Psychological Well-Being Santri Pondok Pesantren Darul Muttaqien. TAZKIYA: Journal of Psychology, 4(2), 4–16.
Riff, C.D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069-1081.
Rohma, R.N. & Syah, A.M. (2021). Psychological Well Being Pada Wanita yang Menikah Muda. (Studi Kasus Di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan). Conselis: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 21-30.
Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Alfabeta.
Yani, A. I. (2021) Psychological Well-Being Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu. (Unpublished Diploma’s thesis) UIN FAS Bengkulu, Indonesia.