Ali Muhson. 2009. Diktat Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
A.M. Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Rizka, Audi Pratama., Rusdarti. 2019. Pengaruh Kemandirian, Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa IPS. Economic Education Analysis Journal. EEAJ. Vol 8, No. 1
Azhar, Fadly. 2015. Assessing Students’ Learning Achievement: An Evaluation. Mediterranean Journal of Sosial Sciences MCSER Publishing, Roma Italy. eISSN: 2039-20117. pISSN: 2039-9340. Vol. 6. No. 2
Azwar, S. 2010. Tes Prestasi : Fungsi dan Pengembangan Pengaruh Prestasi Belajar. Pustaka Pelajar
Baharun, Hasam. 2018. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. At Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.I], Vol. 6, No. 1, Juli 2018. ISSN 2477-299X.
Bakar, Ramli. 2014. The Effect Of Motivation On Students’s Productive Competenceies In Vocational High School, West Sumatra. Internasional Journal Of Asian Social Science. eISSN ; 2224-4441, pISSN: 2226-5139
Cynthia, LC., T Martono & M Indriayu. 2016. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.1, No.2
Daharti, Reni., Indah Susilowati & Himawan Arif Susanto. 2013. Strategi Peningkatan Kompetensi Guru dengan Pendekatan Analysis Hierarcy Proses. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan. JEJAK. Vol. 6.No. 1
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Farida sarimaya. 2009. Sertifikasi Guru : Apa Dan Bagaimana?. Bandung : CV Yrama widya.
Feriady, M., H Harnanik. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang ketrampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Siswa terhadap Minat Belajar IPS Kelas VII SMP Negeri 3 Purbalingga. Ecomonic Education Analysis Journal Vol. 1, No. 2
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah. B. Uno. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermita, R., P Karyanto & A Rosyidi. 2012. Haasil Belajar Kognitif Biologi Diprediksi dari Emosional Qoutient (EQ) dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Vol.4., No.2
Ibrahim, M. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Imam Ghozali. 2008. Konsep dan Analisis dengan Program AMOS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismail, MI. 2010. Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Juenal Ilmu Tarbiyah dan keguruan Vol. 13, No. 1, Hal. 44-63.
Isnaini, M., DK Wardani & L Noviani. 2016. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. 1, No.2
Khafid, Muhammad., Slamet Umi Nur Barokah. 2006. Pengaruh Akreditasi Sekolah dan Persepsi Guru Mengenai Supervisi Kepala Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan. Vo. 1. No. 1
Kukuh, Budiwibowo Arief., Khomsun Nurhalim. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C Pada Kelas XI (Studi pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Comal Kabupaten Pemalang). Jurnal of Nonformal Education. Vol.2. No.2
Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya.
Ngalim Purwantoro. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdyakarya.
Nidhom, AM., DA Sudjimat. 2015. Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi Du/Di Dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Baru. Innovation Of Vocational Technology Education Vol.11, No.1
Ningsih, N., SE Mastuti & A Aminuyati. 2013. Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa Vol.2, No.6
Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Partono, Tri Minami. 2006. Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Dinamika Pendidikan. Vol. 1. No. 2
Popi sopiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purwaningsih, Sri., Ida Purniawati. 2015. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajr IPA Materi Gejala Alam melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas VIIG SMP Jekulo Kabupaten Kudus Semester 2 Tahun 2012/201. Jurnal Profesi Keguruan. Vol. 1. No. 1
Puspitasari, KA., S Islam. 2003. Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa dan Calon Potensial Mahasiswa Pada Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Vol.4, No.1
Rahman, MF. 2015. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran.Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Vol. 1, No.1
Rastodio. 2009. Kompetensi guru. Diambil dari: http://rastodio.com/pendidikan/pengertian-kompetensi-guru. html ,pada tanggal 26 september 2013.
Renol, Sahat HS. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. UNS
Ridaul Inayah, dkk. 2011. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis. Surakarta: UNS.
Sagala Syaiful. Sagala. 2004. Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarwono. 2007. kesiapan kompetensi guru pada mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas maret. Skripsi. Surakarta: UNS.
Sasmita, E. 2013. Pengaruh Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar dan Manajemen Waktu terhadap Motivasi Belajar Mata Diklat Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 2 Semarang. Universitas Negeri Semarang
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarma, Ketut., Eva M Sakdiyah. 2007. Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Dinamika Pendidikan. Vol. 2. No. 2
Sudarwan Danim. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teknik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukwiati, dkk. Ekonomi SMA Kelas X. Bandung : Yudhistira. 2006.
Sumadi Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.
Sunadi, L. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol. 1, No.3
Syaifuddin Azwar. 2002. Tes Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful Bahri Djamarah. 1994. prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.
The Liang Gie. 1994. Cara Belajar Yang Efisian. Yogyakarta: Liberty
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia. Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Ulfha, Asmara Roie, Murdani Murdani. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar Antara Metode Pemberian Tugas dengan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Menggunakan Alat_Alat Ukur. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.Vol.13.No. 2
Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Usman Uzer. M. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widyaningtyas, A. 2012. Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. UNS (Sebelas Maret University).
WS Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Zaeni., Hadi Setyo Subiono. 2011. Kondisi Fisik dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di Mts Al Asror). Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Vol. 1. No. 1
Zulchaidar, Ikhwan. 2017. Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.6. No. 2
- Abstract viewed - 1984 times
- PDF downloaded - 1431 times
Affiliations
M. Hessal Alif
SMK Negeri 2 Songgom, Brebes, Indonesia
Amin Pujiati
Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Arief Yulianto
Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
The Effect of Teacher Competence, Learning Facilities, and Learning Readiness on Students' Learning Achievement Through Learning Motivation of Grade 11 Accounting Lesson in Brebes Regensy Vocational High School
Vol 9 No 2 (2020): December 2020
Submitted: Aug 12, 2020
Published: Dec 7, 2020
Abstract
The purpose of this study was to determine a) the effect of teacher competence on learning motivation; b) the effect of learning facilities on learning motivation; c) the effect of learning readiness on learning motivation; d) the effect of learning motivation on learning achievement. The results of this study are a) teacher competence effects learning motivation. b) learning facilities affects learning motivation c) readiness affects learning motivation. d) learning motivation affects learning achievement. As many as 171 students were taken as sample by using Purposive Sampling. Sampling this using the formula slovkin. The results of the study showed that the competence of teachers affect the motivation to learn. Learning facilities affect the learning motivation. Learning readiness influences motivation to learn, and motivation to learn affect learning achievement.