PENGARUH HASIL BELAJAR TEKNIK LAS TERHADAP PRESTASI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh hasil belajar teknik las terhadap prestasi praktek kerja lapangan Siswa Kelas XI SMK Tunas Harapan Pati Tahun 2008/2009. Penelitian ini adalah termasuk penelitian total sampling, dimana seluruh populasi total dijadikan sampel penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 38 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ber-ganda karena penelitian ini meneliti tentang pengaruh hasil belajar teknik las terdiri dari dua mata diklat yaitu mata diklat pengetahuan dasar teknik las dan kompetensi kejuruan teknik las terhadap prestasi praktek kerja lapangan siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar teknik las terhadap prestasi praktek kerja lapangan. Besarnya pengaruh hasil belajar teknik las di sekolah terhadap prestasi praktek kerja lapangan mengindikasikan bahwa pen-guasan teori teknik las berperan besar dalam prestasi praktek kerja lapangan siswa. Berdasarkan hal tersebut diharapkan sekolah memberikan jam pelajaran yang lebih banyak kepada siswa mengenai mata diklat teknik las di sekolah.
This study aims to determine the magnitude of the influence of welding techni-ques to study the performance of fieldwork practice vocational school class XI Tunas Hope Pati Year 2008/2009. This study is the total sampling including research, where the total population sampled throughout the study. The number of samples in this study were 38 students. The analysis used was multiple regression analysis because this study examines the influence of learning outcomes welding technique consists of two eyes is eye training training basic knowledge of welding techniques and welding techniques of competence vocational field practice students’ achieve-ment. results showed that there was a significant influence of the welding techniques learned on the field performance work practices. The magnitude of the influence of the welding techniques learned in school to field practice achievement indicated that mastery theory of welding techniques play a major role in student achievement fieldwork practice. Based on this school is expected to provide more hours of lessons to students on training the eyes of welding techniques in school.
References
Arikunto, S. 1997. Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta
Chatarina, T. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES
Depdiknas. 2004 Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas
Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Gozali, I. 2002, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hadari, N. 1989. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM
Maman, R. 1999. Konsep dan Analisis Statistik. Semarang IKIP Semarang Press
Muhibbin, Syah. 1995. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press
Poewadarminta. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Ofset
Soeharto. 1988. Disain Instruksional Sebuah Pendekatan
Praktik UntukPendidikan Teknologi dan Kejuruan: Depdikbud Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Wibowo. 2008 Pengaruh Mata Diklat Produktif terhadap Praktek Kerja Lapangan. Skripsi Semarang: UNNES