PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER KONVENSIONAL BERBASIS AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan alat peraga yang dirancang dan perbedaan hasil belajar setelah menggunakan alat peraga sistem starter konvensional berbasis audio. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen sejumlah 30 peserta didik dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol sejumlah 21 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Hasil uji kelayakan alat peraga oleh ahli media memperoleh persentase 90,00% sedangkan oleh ahli materi 87,49%, hasil tersebut menunjukkan kriteria media sangat layak. Peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 10,31% yaitu dari nilai rata-rata 68,38 menjadi 75,43, sedangkan kelas eksperimen sebesar 18,09% yaitu dari nilai rata-rata 68,53 menjadi 80,93. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung pretest sebesar 0,066 sedangkan nilai thitung posttest sebesar 2,970. Hasil perhitungan uji n-gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,218 untuk kelas kontrol dengan kriteria peningkatan rendah sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 0,391 dengan kriteria peningkatan sedang.