HUBUNGAN KEMAMPUAN MENERAPKAN TEKNIK PEMBUBUTAN DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan Kemampuan menerapkan teknik pembubutan dan disiplin belajar siswa dengan minat berwirausaha dan sekaligus untuk mengetahui seberapa besar kemampuan menerapkan teknik pembubutan, disiplin belajar, dan minat berwirausaha. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan pertimbangan tertentu. Data variabel Kemampuan Menerapkan teknik pembubutan diambil dari tes kompetensi, disiplin belajar dijaring dengan menggunakan angket dan minat berwirausahadiambil melalui angket. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel Kemampuan menerapkan teknik pembubutan dengan minat berwirausaha bidang pembubutan rx1y sebesar 0,64371, dimana harga rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,2586. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel disiplin belajar bidang pembubutan dengan minat berwirausaha bidang pembubutan rx2ysebesar 0,32846, dimana harga rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,2586. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara kemampuan menerapkan teknik pembubutan dan disiplin belajar bidang pembubutan secara bersama-sama dengan minat berwirausaha bidang pembubutan dengan koefisien korelasi R sebesar 0,8132 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,6613 yang berarti 66,13 % bahwa minat berwirausaha bidang pembubutan dapat dipengaruhi oleh kemampuan menerapkan teknik pembubutan dan disiplin belajar bidang pembubutan.
Kata Kunci : Kemampuan Menerapkan Teknik Pembubutan, Disiplin Belajar, Minat Berwirausaha