PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MOTORIK BERBASIS MODEL BLENDED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran virtual pada mata kuliah pemrograman komputer berupa e-modul praktikum berbasis blended learning. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Instruksional Development Institute (IDI) tahapannya, yaitu analisis, pengembangan dan evaluasi. Tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan yakni menganalisis kurikulum dan karakter mahasiswa dengan menyebarkan angket. Tahap pengembangan diawali berkoordinasi antar sesama dosen bidang keahlian menentukan draf modul sebagai acuan penulisan atau pembuatan e-modul praktikum serta melakukan pengujian validasi oleh beberapa pakar diperoleh hasil rata-rata indikator penilaian memenuhi kriteria valid yakni 0,90. Pengujian praktikalitas media pembelajaran virtual berbentuk e-modul praktikum yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai persentase 90,3%. Tahap evaluasi yakni pengujian efektifitas yakni dari hasil; 1) keterlaksanaan proses pembelajaran skor reratanya mencapai 3.76 kriterianya sangat efektif, 2) pencapaian kompetensi mototrik memenuhi kriteria sangat efektif dengan skor reratanya mencapai 3,59 dan 3) Skor rerata dari kedua hasil uji efektifitas media pembelajaran yaitu 3.67 kriterianya sangat efektif, dengan demikian penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah teknik pemrograman komputer pada Program Studi Pendidikan teknik Otomotif.