PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi terhadap hasil belajar Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi eksperimental. Penggunaan metode ini karena untuk mengukur antara variabel sebelum dan sesudah untuk melihat hubungan sebab akibat dari fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Mekanika Teknik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi sebesar 20,09 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional sebesar 18,353. Selain itu, pengaruh lebih baik model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi juga dibuktikan dengan analisis statistik dengan uji t satu pihak yang menunjukkan nilai 2,433 > ttabel 1,671.Oleh sebab itu metode belajar dengan menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi lebih meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan metode belajar konvensional .