PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR GENERASI Z SISWA KEJURUAN

  • Muhamad Nur Febrian Syah Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Seiring kemajuan teknologi dan informasi, para pendidik didorong untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan efisien yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa Generasi Z dan menjawab tantangan pembelajaran berbasis digital. Salah satu media yang berkembang dengan baik adalah powerpoint interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak penggunaan media PowerPoint interaktif pada Generasi Z. Metode penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI dan XII TMPO SMKN 5 Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII TMPO SMKN Surabaya yang berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data berupa tes tertulis yang terdiri dari 10 soal esai yang diverifikasi oleh ahli. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif, uji normalitas dan uji t sampel berpasangan. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai pretest dan posttest meningkat. Nilai sig. (2-tailed) dalam uji hipotesis mendapatkan (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga media PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XII generasi z SMKN 5 Surabaya. Media ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pendidik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah kejuruan.

Author Biographies

Muhamad Nur Febrian Syah, Universitas Negeri Surabaya

Teknik Mesin

Wahyu Dwi Kurniawan, Universitas Negeri Surabaya

Teknik Mesin

Nur Aini Susanti, Universitas Negeri Surabaya

Teknik Mesin

Published
2023-05-30