PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLUID CIRCUIT SYSTEM EXPERIMENT PADA MATA KULIAH MEKANIKA FLUIDA DENGAN POKOK PEMBAHASAN PENGUKURAN KERUGIAN ALIRAN FLUIDA

  • Arief Kurniawan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Winarno Dwi Rahardjo Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Basyirun Basyirun Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: learning media, fluid mechanics, fluid circuit system experiment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa fluid circuit system experiment, mengetahui keefektifan dan keterlaksanaan sebagai media pembelajaran yang valid, dalam mengukur kerugian aliran dalam pipa.Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) sedangkan desain penelitian ini menggunakan metode ADDIE. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli mekanika fluida berjumlah dua orang dan validasi keefektifan dan keterlaksanaan media pembelajaran dilakukan oleh seorang ahli media. Pengujian dilakukan pada mata kuliah mekanika fluida Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan terhadap media pembelajaran fluid circuit system experiment berupa penggantian komponen  pipa dari besi tuang menjadi pipa tembaga seamless dan penambahan manometer air raksa, sehingga diperoleh media pembelajaran  dengan hasil yang baik berdasarkan uji kerja dari ahli media dan mekanika fluida. Media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh penilaian dari ahli media dan ahli mekanika fluida dengan perolehan skor masing-masing 85.56% dan 87,50% sehingga perangkat pembelajaran dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian media pembelajaran fluid circuit system experiment diujicobakan kepada mahasiswa guna mengetahui keefektifan dan keterlaksanaan media pembelajaran fluid circuit system experiment.

This research aims to produce learning media fluid circuit system experiment, determine the effectiveness and feasibility as a valid instructional media, in measuring losses in pipe flow.This study belongs to the type of research and development (Research and Development), while the design of this study using ADDIE. Validation is done by two expert learning media fluid mechanics and validation media effectiveness and feasibility study conducted by someone media experts. Tests performed on fluid mechanics courses Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Semarang State University. The results of research conducted on the development of learning media fluid circuit system experiment components such as replacement of cast iron pipe into a seamless copper pipe, instructional media in order to obtain good results with a test based on the work of media experts and fluid mechanics. Learning media developed to obtain an expert assessment of the media and fluid mechanics expert with acquisition scores respectively 85,56 % and 87,50 % stated that it is well worth learning device used in the study. Then learning media fluid circuit system experiment tested the students to determine the effectiveness and feasibility learning media fluid system circuit experiments.

 

 

References

Giles Ranal V. 1996. Mekanika Fluida dan Hidraulika Edisi Kedua (SI-Metrik). Erlangga

Pribadi, Benny. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim penyusun Panduan Praktikum Mekanika Fluida 2. Universitas Gajah Mada

Published
2014-07-01