DESAIN DAN PRODUKSI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK

  • Mizani Yunistyar Santoso Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wirawan Sumbodo Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Pramono Pramono Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: multimedia interactive learning, hydraulic pneumatic.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat desain dan produk multimedia pembelajaran interaktif mata kuliah pneumatik hidrolik serta menguji perangkat lunak berupa program multimedia pembelajaran interaktif mata kuliah pneumatik hidroulik berbentuk CD (Compact Disk). Pengumpulan data menggunakan teknik angket yang diisi oleh pakar media pembelajaran dan dosen jurusan teknik mesin mata kuliah pneumatik hidrolik dan mahasiswa jurusan teknik mesin. Hasil penelitian ini adalah terciptanya produk program pembelajaran multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk perangkat lunak dengan media penyimpanan berupa Compact Disk (CD) dengan tambahan fasilitas autorun dan juga file installer sesuai dengan desain yang direncanakan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi tentang multimedia pembelajaran interaktif mata kuliah pneumatik hidrolik oleh pakar media pembelajaran, dosen dan mahasiswa, menurut pakar media pembelajaran dari segi kualitas teknis adalah 86,67% dengan kriteria sangat baik, dari segi tampilan 82,33% dengan kriteria sangat baik. Menurut dosen dari segi pendidikan 93,33% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan menurut mahasiswa 85,1% dengan kriteria sangat baik. Multimedia Pembelajaran Interaktif mata kuliah Pneumatik Hidrolik ini layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran tambahan dengan tujuan mahasiswa akan lebih memahami materi dengan belajar sendiri dengan asumsi bahwa mahasiswa mempunyai komputer atau laptop.

The purpose of this research is to make the product design and multimedia interactive learning courses hydraulic and pneumatic test the software in the form of multimedia interactive learning program courses hidroulik pneumatic shaped CD (Compact Disk). Collecting data using a questionnaire completed by the technical expert and professor of instructional media department of mechanical engineering subjects hydraulic pneumatic and mechanical engineering majors. The results of this research is the creation of interactive multimedia learning program products are packaged in the form of software with storage media such as Compact Disk (CD) with additional facilities autorun and installer files according to the planned design. Based on the survey results revealed that perceptions of multimedia interactive learning course by a hydraulic pneumatic instructional media specialists, faculty and students, according to media expert learning in terms of technical quality is 86.67% with criteria very well, from 82.33% in terms of appearance with the criteria very well. According to the lecturer in terms of education 93.33% with criteria very well. While 85.1% of students according to the criteria very well. Multimedia Interactive Learning courses Hydraulic Pneumatic is feasible and can be used as a supplementary learning media with the aim of better understanding the student will learn the material by himself with the assumption that students have a computer or laptop.

 

References

Hartono, AR. 2009. Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Program Produktif Siswa Kelas X Teknik Mekanik Otomotif-1 di SMK Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal.Widyatama. Vol. 6 No.2:1-20

Kho, C.L., Patrick S.K. Chua and F.L. Tan. 2004. E-Learning of Fluid Power: Pneumatics. Journal of The Institution of Engineers, Vol. 44 Issue 5:29-45

Mohler, James L. 2001. Using Interactive Multimedia Technologies to Improve Student Understanding of Spatially-Dependent Engineering Concepts.Artikel:292300.http://www.stanford.edu/dept/SUSE/projects/ireport/articles/3D/spatially%20dependent.pdf [diakses pada 12 Agustus 2012]

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu

Winarno, A.AM Patwary, Abu Yasid, R. Marzuki, S.E.S Rini dan Siti Aminah. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media

Published
2014-07-20