PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR

  • Mohammad Efendi Yusuf Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Suharmanto Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Murdani Murdani Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: drill learning method, measure with measuring tools

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar standar kompetensi mengukur dengan menggunakan alat ukur yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan yang menggunakan metode pembelajaran drill. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre test-Post test Control Group Design, menggunakan Tes pilihan ganda sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kota Semarang terdiri dari 108 siswa dan diambil 72 siswa sebagai sampel. Hasil analisis data diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 81,70 dan rata-rata kelas kontrol adalah 72,70. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung= 4,66. Untuk α = 5% dan dk = (36+36-2) = 70 diperoleh t(0,95)(70) = 1,99, karena thitung ≥ t (0,95)(70) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau dengan kata lain hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

This research aims to find out the results of an standart competence measure with measuring tools learning courses that use demonstrasi learning method and use the drill learning method . This study is an experimental research design with pre-test post test control group design, use the multiple chois test as a tool for collecting research data. The population of the research was a student at mechanical engineering SMK N 1 Semarang city consists of 108 students and taken 72 students as a sample. The research results obtained average post-test test class is 81,70 and the average of the control class is 72,70 . In the hypothesis test is obtained tarithmetic = 4,66 (α = 5%) and dk = (36+36-2) = 70 obtained t(0,95)(70) = 1,99. Because tarithmetic ≥ t (0,95)(70) then H0 rejected.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Ratnaningsih, Enok. 2012. Efektivitas Metode Drill dan Resitasi Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Ketrampilan Siswa Terhadap Hukum Bacaan Qolqolah dan Ro’ Di SMP Negeri 1 Subang. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 10 No. 1.: 79-94 http://jurnal.upi.edu/file/6_Efektivitas_Metode_Drill.pdf. Diakses pada tanggal 27 november 2013 09:59

Setyawan, Fredy, Santosa, dan Supardi. 2012. Penerapan Teknik Cacil Laser Sebagai Pendekatan Metode Drill Pada Materi Redoks. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/718/778. Diakses pada tanggal 27 Nopember 2013 pukul 10:21 WIB.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Armydha Dwi, Subroto, dan Siadi. 2012. Metode Pembelajaran Selecting Organizing Integrating Melalui Pendekatan Metode Drill. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/716/776. Diakses Diakses pada tanggal 27 Nopember 2013 pukul 10:30 WIB

Published
2014-07-01