PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS SECARA RADIASI DENGAN VARIASI MATERIAL SPESIMEN UJI

  • Rizqi Fitri Naryanto Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Riwan Setiarso Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ramelan Ramelan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: learning media, radiation heat transfer apparatus, variation of the material specimen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk pengembangan media pembelajaran perpindahan panas secara radiasi dengan variasi material spesimen uji, untuk mengetahui besar laju perpindahan panas secara radiasi dengan variasi spesimen uji dan mengukur  kelayakan media pembelajaran serta mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pengembangan dengan desain penelitian ADDIE. Bahan penelitian pengembangan adalah media pembelajaran perpindahan panas radiasi berupa alat peraga dan modul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil validasi para ahli dan tanggapan mahasiswa kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media 97,42 % kriteria “sangat baikâ€. Menurut ahli materi perpindahan panas, persentase kelayakan media pembelajaran perpindahan panas secara radiasi yang dikembangkan 81,25 % kriteria “sangat baikâ€. Hasil tanggapan mahasiswa memperoleh persentase 84,11 % kriteria “sangat baikâ€.This research aims to produce instructional media development in radiation heat transfer with the variation of the material specimen , to find a great rate of radiation heat transfer to the test specimen and measuring the variation of the feasibility study media and determine the response of students to instructional media. Using research methods research design ADDIE development. Materials research is the development of instructional media radiant heat transfer in the form of props and modules. Data collection techniques used were observation, questionnaires and documentation. The results of the validation experts and student responses and then analyzed by percentage. The results showed that the percentage of feasibility study media developed by media experts 97.42 % criterion " very good ". According to the heat transfer material , the percentage of instructional media feasibility radiation heat transfer criteria developed by 81.25 % " very good ". The results of student responses to obtain the percentage of 84.11 % criterion " very good ".

Author Biographies

Rizqi Fitri Naryanto, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Riwan Setiarso, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ramelan Ramelan, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arjanggi, Edy Tandililing dan Deden Ramdani. 2012. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 2. Nomor 4: Halaman 1-13.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Baharuddin. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Diklat Memasang Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Teknologi Pendidikan. Halaman 220-227.

Haryati, Sri. 2012. Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. http://jurnal .utm.ac.id/index.php/MID/article/view/13. Diunduh pada 3 Februari 2015 18.06 WIB.

Isnaini, Vandri Ahmad 2012. Pembuatan Alat Ukur Konduktivitas Panas Bahan Padat untuk Media Praktek Pembelajaran Keilmuan Fisika. Edu–Physic. Volume 3. Halaman 117-128.

Koestoer, R. Artono. 2002. Perpindahan Kalor untuk Mahasiswa Teknik. Jakarta: Salemba Teknika.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triawan, Rifqi, dan Supraptono. 2011. Penerapan Modul Pembelajaran Electric Power Steering (EPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kemudi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 11. Nomor 2: Halaman 76-80.

Wicaksono, Tangguh, Hadromi dan Karsono. 2012. Media Peraga Programmed Fuel Injection untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar. Automotive Science and Education Journal. Nomor 1: Halaman 50-55.

Published
2014-07-01