MODEL SOLUSI DAN PANDUAN PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF PADA PROGRAM PEMBINAAN KARANG TARUNA

  • Yunita Anggraeni Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Sanapiah Faisal Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Endang Sri Redjeki Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Keywords: Model Pembelajaran, Transformatif, Karang taruna, Buku Panduan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan yang didalamnya memuat model pembelajaran transformatif untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada program pembinaaan karang taruna. Metode penelitian ini didesain sebagai penelitian pengembangan, melalui penelitian pendahuluan awal dengan tahap penelitian (1) Penelitian Pendahuluan; (2) Perencanaan dan Pengembangan Produk; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji validasi pengguna dan revisi; (5) Pelaporan.  Hasil pengembangan produk adalah sebuah buku panduan yang didalamnya memuat model dan panduan pelaksanaan pembelajaran. Subyek uji lapangan secara terbatas adalah Kepala Dinas Sosial Kota Malang selaku pembina tingkat daerah, Kepala Desa Tunjung Sekar selaku pembina tingkat desa, Pengurus dan anggota Karang Taruna Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru sedangkan subyek uji lapangan luas adalah , Kepala Desa Dinoyo selaku pembina tingkat desa, Pengurus dan anggota Karang Taruna Kelurahan Dinoyo. Validasi dilakukan untuk melihat tingkat validitas produk. Validasi dilakukan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli model pembelajaran, dan uji lapangan berupa validasi pengguna untuk memberikan penilaian terhadap buku panduan pembelajaran transformatif . Hasil dari uji pengguna terbatas dan luas menyatakan bahwa buku panduan pembelajaran ini layak digunakan.

References

Borg & Gall. 1979. Educational Research. New York: Longman Inc.

Hasan, Fuad. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif Untuk programPembinaan Karang Taruna. Tesis tidak dterbitkan. Malang PPs UM.

Eichsteller & Holthoff. 2012. Diamond Models (Online) (http://www.thempra.org.uk/social-pedagogy/key-concepts-in-social-pedagogy/thempras-diamond-model/ ) diakses 30 Oktober 2015

Mezirow, J. 2003b. Transformative Learning

Rambangeng, B. A. 2013. Organisasi Kepemudaan, Menata Kecerdasan Sosial, tetapi Mematikan Kecerdasan Matematis.(Online), (http://edukasi.kompasiana.com/2013/03/02/organisasi-kepemudaan-menonjolkan-kemampuan-sosial-tapi-mematikan-kecerdasan-matematis-533604.html). diakses 30 Oktober 2015.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang pendidikan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Cutra Umbara.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Published
2016-06-27
How to Cite
Anggraeni, Y., Faisal, S., & Redjeki, E. (2016). MODEL SOLUSI DAN PANDUAN PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF PADA PROGRAM PEMBINAAN KARANG TARUNA. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.10246
Section
Articles