MODEL SOLUSI DAN PANDUAN PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF UNTUK PROGRAM PARENTING EDUCATION
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan yang didalamnya memuat model pembelajaran transformatif untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada program parenting education. Dimana program parenting education merupakan sebuah pendidikan dari lembaga PAUD yang diperuntukan kepada orang tua peserta didik, namun persoalan besar yang sedang dihadapi saat ini adalah banyaknya orang tua yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan parenting education, mereka memiliki mindset yang salah terhadap program parenting education. Metode penelitian ini didesain sebagai penelitian pengembangan, melalui penelitian pendahuluan awal dengan tahap penelitian (1) Penelitian Pendahuluan; (2) Perencanaan dan Pengembangan Produk; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji validasi pengguna dan revisi; (5) Pelaporan. Hasil pengembangan produk adalah sebuah buku panduan yang didalamnya memuat model dan panduan pelaksanaan pembelajaran. Subyek uji lapangan secara terbatas adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD II Kecamatan Lowokwaru sedangkan subyek uji lapangan luas adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD VI Klojen. Validasi dilakukan untuk melihat tingkat validitas produk. Validasi dilakukan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli model pembelajaran, dan uji lapangan berupa validasi pengguna untuk memberikan penilaian terhadap buku panduan pembelajaran transformatif . Tanggapan dari pengguna terbatas dan luas menyatakan bahwa buku panduan ini memiliki intrepretasi layak digunakan.
This research aims to produce guidebooks which contain the transformative learning model to overcome the problems that appear on the program parenting education. Where parenting education was an education from an institution of early childhood education to devoted parents of children, but the big issues today is the parents less participate in the parenting education activities, they have the wrong mindset about parenting education.
The research method was designed as a research development, beginning with the preliminary research through the research phase (1) Preliminary studies; (2) Planning and product development; (3) Expert validation and revision; (4) The user validation testing and revision; (5) Reporting. The results of product development is a guidebook which contains models and guide the implementation of instruction. The subject of limited field test was the educator and organizer in the cluster II of Lowokwaru while widely field test subjects are educators and organizer in the cluster VI of Klojen. Validations is done to see the level of the validity of the product. The validation is done by PLS and learning model expert, and field test in the form of user validation to provide assessment of transformative learning guidebook. Feedback from users is limited and widely stated that this Handbook has many decent used.Â
References
Borg & Gall. 1979. Educational Research. New York: Longman Inc.
Dayati, U. 2012. Konstruksi gender pada Pola Asuh untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Sosiokultur Mataraman Pamangku. Disertasi tidak diterbitkan. Malang Fakultas pertanian PPs UB.
Hasan, F. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif untuk Program Pembinaan Karang Taruna. Tesis (tidak dierbitkan).
Nadir, K. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif pada Program Kursus Bahasa Inggris. Studi Pengembangan di Lembaga Kursus Indocita. Tesis (tidak diterbitkan).
Nuriati. 2013. Penyelenggaraan Program parenting Education Bagi orang Tua Anak Usia Dini. Tesis tidak diterbitkan. Malang PPs UM.
Moedzakir, M. D. 2010b. Metode Pembelajaran untuk Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang : UM Press.
Purnamawati, Frimha. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif Pada program Parenting Education di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kota Malang. Tesis tidak dterbitkan. Malang PPs UM.
Prasetya, H. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif pada Program Pendampingan Anak Jalanan. Tesis (tidak diterbitkan).
Sarumpaet, R. I. 1994. Rahasia mendidik anak. Bandung: Indonesia Publishing House.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Cutra Umbara.
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widianto, Edi. 2013, Transformative Learning Pada Pengasuhan Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Tesis tidak diterbitkan. Malang PPs UM.