PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEMUDA PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN IHYAHUL KHOER

  • Dayat Hidayat Dosen Prodi Pendidikan Luar Sekolah, FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang Jawa Barat
Keywords: pelatihan, kewirausahaan, pemberdayaan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis proses, hasil dan dampak pelatihan kewirausahaan untuk pemberdayaan kelompok pemuda produktif di pondok pesantren Ihyahul Khoer desa Cintalanggeng Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Penelitian dilakukan menggunakan kualitatif metode studi kasus untuk mendeskripsikan secara detail, analisis tema atau pokok bahasan, dan interpretasi tentang pelatihan kewirausahaan untuk pemberdayaan kelompok pemuda produktif di pondok pesantren Ihyahul Khoer. Subyek penelitian ditentukan satu orang pengurus pondok pesantren dan tiga orang santri. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Tahapan penelitian melalui (a) orientasi, (b) eksplorasi, dan (3) tahap member check. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif melalui langkah-langkah (a) koleksi data (data collection), (b) reduksi data (data reductionaI), (c) penyajian data (data display) dan (d) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion/ verifying). Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan budi daya ikan merupakan proses transformasi pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang cara pembenihan, pendederan, pembesaran, penampungan, dan pemasaran ikan hasil budi daya. Pelatihan dilakukan melalui pendekatan partisipatif, metode berkelompok dan teknik ceramah, tanya jawab, demontrasi, penugasan (drill), kerja kelompok, dan praktek lapangan. Hasil pelatihan kewirausahaan budi daya ikan yang telah diperoleh para santri berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan keterampilan budi daya ikan. Para santri setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan budi daya ikan, memperoleh peningkatan pendapatan. Dampak pelatihan memberikan bekal bagi para santri tentang aspek managerial skill, production technical skill, dan personality develovmental skill. Intinya adalah menanamkan sikap dan semangat mandiri serta kemampuan kerjasama dan tertanamnya paradigma kewirausahaan bagi para santri.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchori. 2007. Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta.

Cresswell, John W. 2013. Research Design, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi), Bandung. Alfabeta.

Milan, H Mc. James dan Schumacher, Sally. 1997. Research in Education, A Conseptual Introduction. New York San Fransisco. Longman Inc.

Miles, Matthew B. dan Huberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong Lexi J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nasution. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung. Tarsito.

Robinson, K. P. 1981. A Handbook of Training Management. London. Kogan Page Ltd.

Sudjana, Djudju. 2004. Pendidikan Nonformal (Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Bandung: Fallah Production.

Sumpeno, Wahyudin. 2009. Sekolah Masyarakat, Penerapan Rapid-Training Design Dalam Pelatihan Berbasis Masyarakat. Yogyakarya. Pustaka Pelajar.

Suryana. 2007. Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta. Salemba Empat.

Kindervatter, Suzzane. 1979. Nonformal Education as An Empoworing Process. Massachusetts. Center for International Education University of Massachusetts.

Winarto, P. 2004. First Step to be An Entrepreneur. Jakarta. Alex Media Komputindo.

Published
2016-06-27
How to Cite
Hidayat, D. (2016). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEMUDA PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN IHYAHUL KHOER. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.10658
Section
Articles