MOTIVASI ORANGTUA DALAM MENGIKUTI PROGRAM BINA KELUARGA BALITA DI KELURAHAN UWUNG JAYA KOTA TANGERANG

  • Nur Khasanah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Khomsun Nurhalim Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Motivasi, Orangtua, Program Bina Keluarga Balita, Motivation, Parents, Program BKB.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua dalam mengikuti program Bina Keluarga Balita (BKB) dan faktor penghambatnya. Pendekatan penelitian bersifat metode kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, terdiri dari ketua BKB dan 5 orangtua yang mengikuti program BKB. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan motivasi instrinsik orangtua mengikuti program BKB karena adanya kebutuhan untuk memenuhi segala sesuatu yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, dan motivasi ekstrinsik disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang timbul dari luar yaitu timbul dorongan dari tetangga. Faktor penghambat orangtua dalam mengikuti BKB adalah pekerjaan rumah yang tidak bisa ditinggalkan, dan faktor penghambat dari luar adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai di dalam kegiatan BKB.

 

Abstract: This study aimed to describe the intrinsic and extrinsic motivation of parents in the program BKB (BKB) and inhibiting factors. The approach is a method of qualitative research. Subjects numbered 6 consists of one chairman BKB and 5 parents who follow the program BKB (BKB). The collection of data through observation, interviews and documentation. Data validation techniques using triangulation source and triangulation theory. The data analysis technique used is the data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study the intrinsic motivation of parents to follow the program BKB because of the need to fulfill everything that is related to the growth and development of children, and extrinsic motivation is caused by environmental influences arising from the outside that arise encouragement from neighbors. Inhibiting factors of parents in following BKB is a chore that can not be abandoned, and inhibiting factors external infrastructure is inadequate in the activities of BKB.

References

BKKBN Prop. Jateng. 2007. Buku Pedoman Sistem Pemantauan dan Rujukan Bina Keluarga Balita (BKB).

Gunarsa, D. Singgih. 2008. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: Gunung Mulia.

Handoko, Hani. 1989. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Iriani, Dewi. 2014. 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Undang-Undang RI. No. 5 Pasal 1 Ayat 4 Tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BumiAksara.

Published
2016-06-27
How to Cite
Khasanah, N., & Nurhalim, K. (2016). MOTIVASI ORANGTUA DALAM MENGIKUTI PROGRAM BINA KELUARGA BALITA DI KELURAHAN UWUNG JAYA KOTA TANGERANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.11220
Section
Articles