Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang

  • Nia Hoerniasih Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan program Taman Penitipan Anak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitiannya adalah pengelola, pengasuh dan tiga orangtua anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Tahapan penelitian melalui tahap orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan model interaktif melalui langkah-langkah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan perencanaan program pengasuhan diawali dengan analisis kebutuhan oleh ketua penyelenggara. Pengorganisasian dilakukan untuk mengorganisir pengelola, pendidik dan tenaga kependidikan dengan menjalankan peran fungsi dan pengasuhan. Pelaksanaan dilakukan sesuai jadwal masing-masing pengasuhan secara holistik dan integratif. Pembinaan dilakukan melalui supervisi dan monitoring baik secara langsung dan tidak langsung. Penilaian difokuskan pada proses pengasuhan dan pembelajaran selama kegiatan berlangsung pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pengembangan dilakukan untuk memajukan penyelenggaraan program pengasuhan agar lebih sempurna, lebih luas, dan lebih baik.

Published
2017-06-30
How to Cite
Hoerniasih, N. (2017). Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 34-42. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.15142
Section
Articles