UPAYA PENGELOLA TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI DESKRIPTIF PADA ANGGOTA TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI SKB KERSANA KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES)

  • Wika Unun Safitri Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Non-formal education, Parks Public readings, Interest Community Reading

Abstract

Agen perubahan masyarakat sesungguhnya adalah lahirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Melalui koleksi buku
dalam TBM, masyarakat akan membaca dan terbiasa untuk membaca. Penelitian ini memfokuskan pada upaya apa saja
yang dilakukan pengelola taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat, dan faktor apa saja
yang menjadi pendorong dan penghambat pengelola taman bacaan bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca
masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 3 pengelola dan 10 anggota taman bacaan masyarakat.
Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
diperoleh minat baca masyarakat masih relatif rendah, upaya-upaya yang dilakukan pengelola taman bacaan masyarakat
dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui upaya non pembelajaran berupa peningkatan mutu taman bacaan
masyarakat yang meliputi mutu koleksi, sarana dan prasarana baik, serta pelayanan yang mencakup pelayana sirkulasi,
informasi dan promosi. Upaya pembelajaran berupa kegiatan sosialisasi dan program pembinaan (bimbingan belajar dan
pelatihan ketrampilan). Faktor pendukung dalam meningkatkan minat baca adalah letak TBM yang strategis, koleksi
buku yang beragam dan program pembinaan yang menarik, yang menjadi faktor penghambat adalah kemalasan dan
karena kesibukan mereka dalam melakukan kegiatan rutin mereka sehari-hari.

Agents actually change society is the birth of TBMs ( TBM ) . Through the collection of books in the TBM , the public will be read and
used to read . This study focuses on what is being done in the community reading garden managers increase people's interest , and what
factors are driving and inhibiting a park reading reading public managers in improving the people's interest . This research uses
descriptive qualitative method , data collection was done by interview , observation , and documentation . Informants consisted of 3
managers and 10 members of the community reading gardens . Data analysis with data collection , data reduction , data display , and
conclusion . The results obtained by public interest is still relatively low , the efforts made in the management of community reading
gardens increase people's interest through non efforts to improve the quality of learning in the form of community reading gardens that
include a collection of quality , facilities and infrastructure , as well as circulation services include serv , information and promotion .
Learning efforts in the form of socialization and education programs ( tutoring and vocational training ) . Contributing factor in
improving reading TBM is a strategic location , a diverse collection of books and coaching programs that attract , that the limiting factor
is laziness and because they are busy in performing their daily routine.

References

Agus, E. 2005. Menumbuhkan Minat Baca Anak Melalui Pengembangan Komunitas Membaca. Jurusan Pendidikan Nonformal. Edisi (1-9)

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

....................... 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, I. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

David, M. 1984. Women, Family And Education. Nicols Publishing. New york.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Naskah Akademik Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Nonformal. Jakarta.

Depdagri. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Perpustakaan

Depdikbud. 1991. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Direktorat. Pendidikan Masyarakat Direktorat PNFI Depdiknas. Jakarta 2009

Endah, neng. 014/S/6/PLS/2009. Upaya Pengelola Perpustakaan dalam meningkatkan Minat baca Masyarakat di Perpustakaan Sariwangi Desa Anjarsari Kecamatan Anjarsari Kabupaten Bandung. Bandung: Perpustakaan UPI (tidak diterbitkan)

Guahira.or.id. Minat Baca di Indonesia Buruk. 21 Oktober 2011

Hakim, H.A.B. 2009. Perpustakaan Sekolah Sarana Peningkatan Minat Baca. www.heri.abi.staff.ugm.ac.id.

Hapsari, M.I. 2009. Analisis Sistemik Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat di Kabupaten Semarang. Andargogi-Jurnal PNFI/ Volume/ N01

Margono, S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Miles dan Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Salim, A. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Siswoyo, D. 2008. Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Suryabrata, S. 1989. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Andi Offset. yogyakarta

Suryadi, A. 2007. Mewujudkan Masyarakat Pembelajar (Konsep, Kebijakan dan Implementasi). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Nonformal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suwarno, W. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Ar-raz Media.

Tingkers, M.A. 1973. Teaching Reading In The Elementary School Prentice-hal.Inc.New Jersey

Warta Plus. 2007. TBM Perlu Tahu Kebutuhan Masyarakat. Volume 45 Edisi Februari Halaman 25-27

Weiss, D. 1988. Meningkatkan Kemampuan Membaca. Terjemahan oleh Drs. Budi. 1989. Jakarta: Binarupa Aksara

Published
2013-10-28
How to Cite
Safitri, W. (2013). UPAYA PENGELOLA TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI DESKRIPTIF PADA ANGGOTA TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI SKB KERSANA KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i2.2262
Section
Articles