Strategi Pengembangan Muatan Life Skill pada Pembelajaran Berbasis Wirausaha di Pondok Pesantren Kabupaten Pandeglang

  • Herlina Siregar Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pengembangan muatan life skill pada pembelajaran berbasis wirausaha di pondok pesantren Kab. Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Pengelola, Kyai dan Tenaga Pengajar Pondok Pesantren di Kab. Pandeglang  untuk memperoleh informasi tentang strategi pengembangan muatan life skill dan pembelajaran berbasis kewirausahaan di Pondok Pesantren Kab. Pandeglang serta  8 orang santri untuk mengungkap  kecakapan hidup setelah mengikuti pembelajaran berbasis kewirausahaan dan sumber data sekunder berupa gambar, buku-buku dan data santri pembelajaran berbasis wirausaha di Pondok Pesantren. Strategi pengembangan muatan life skill pada pembelajaran berbasis wirausaha di pondok pesantren Kabupaten Pandeglang dilakukan melalui 4 strategi yaitu: a) strategi Renung-Latih-Telaah (RTL); b) Strategi Learned Centred; c) Strategi kurikulum berbasis kompetensi; dan d) Strategi penguatan pendidikan ekstrakurikuler.

Published
2018-06-30
How to Cite
Siregar, H. (2018). Strategi Pengembangan Muatan Life Skill pada Pembelajaran Berbasis Wirausaha di Pondok Pesantren Kabupaten Pandeglang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i1.23383
Section
Articles