Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Taman Bacaan Masyarakat Jayanti Palembang

  • Anisa Rizky Ramadaniah Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Imron A. Hakim Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca anak usia Sekolah Dasar di lingkungan sekitar Taman Baca Masyarakat Jayanti Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 38 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca anak usia Sekolah Dasar sangat tinggi. Hal ini meliputi aspek, yaitu 1) Perhatian adanya keinginan anak untuk berkunjung, menyadari pentingnya membaca di TBM dalam menunjang kebutuhan belajar, 2) Ketertarikan anak untuk membaca buku dilihat dari isi dan kovernya menarik dan memahami buku yang dibaca, 3) Perasaan senang anak dalam membaca buku tanpa ada paksaan dari orang lain dan merasa puas ketika selesai membaca, 4) Penggunaan waktu dengan meluangkan waktu untuk membaca dan buku yang dibaca dapat mencapai dua sampai enam buku dalam waktu satu minggu di TBM, 5) Tindak lanjut dengan menindaklanjuti dari buku yang dibaca dengan menceritakan kepada teman lainnya, agar ilmu yang didapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, dan dengan hadirnya TBM dapat merangsang minat baca anak usia Sekolah Dasar di lingkungan TBM. Penelitian ini merekomendasikan bagi pengelola TBM dapat menambahkan koleksi bahan bacaan agar lebih banyak lagi masyarakat yang berkunjung dan membaca di TBM.

Published
2018-12-28
How to Cite
Ramadaniah, A., & Hakim, I. (2018). Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Taman Bacaan Masyarakat Jayanti Palembang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i2.27481