PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PROGRAM KURSUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil penyelenggaraan program- program kursus, mendeskripsikan upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan program kursus, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan kualitas layanan program kursus di PKBM Citra Ilmu Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian profil, kualitas layanan dan faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas layanan program kursus. Metode analisis data menggunakan metode reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan profil penyelenggaraan program kursus menjahit, mengemudi mobil dan komputer di PKBM Citra Ilmu Semarang dilihat dari Content, Input, proses, dan produk sudah berjalan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan program kursus. Adanya upaya peningkatan program kursus di PKBM Citra Ilmu terletak pada dimensi fisik dan dimensi jaminan. Faktor pendukung yang menonjol di PKBM Citra Ilmu Semarang yaitu dimensi fisik, dimensi jaminan dan sumber dana regular. Faktor penghambat yaitu pada program kursus menjahit belum ada instruktur pengganti, sosialisasi program kursus melalui media elektronik masih kurang maksimal.References
Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal Pengengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) Di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan Di Jepang). Bandung: Alfabeta
Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Sudjana. 2006. Evaluasi Progam Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Nonformal Dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud