INTERAKSI SOSIAL WANITA PEKERJA PABRIK DALAM KEGIATAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) (PENELITIAN DESKRIPTIF DI PERUMAHAN TAMAN BUKIT KLEPU DESA KLEPU KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG)

  • Erfina Hapsari Widiahtuti Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Social Interaction, Women Workers Factory, PKK

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan proses interaksi sosial wanita pekerja pabrik dalam kegiatan PKK; (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat interaksi wanita pekerja pabrik dalam kegiatan PKK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 4 wanita pekerja pabrik yang aktif mengikuti kegiatan PKK. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian: (1) Proses interaksi sosial wanita pekerja pabrik dalam kegiatan PKK berjalan dengan baik. Mereka berusaha keras untuk mewujudkan perannya sebagai seorang wanita dan tidak lupa melaksanakan kewajiban. Dengan waktu yang terbatas, mereka berupaya untuk bisa menjadi seorang istri, ibu dan anggota masyarakat yang baik; (2) Faktor pendorong adalah keluarga yang selalu pengertian dan memberi semangat untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik lagi dan mampu berinteraksi dengan masyarakat dengan baik. Faktor penghambat yaitu jam kerja yang tidak menentu dan keterbatasan waktu yang dimilik, serta masalah ekonomi.

References

Afifudin, Beni Ahmad Saebani, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Pustaka Setia.

Basrowi, 2005. Pengantar Sosiologi, Bogor : Ghalia Indonesia.

Gerungan, W.A, 2004. Psikologi Sosial, Bandung : Refika Aditama.

http://bapemas.jatimprov.go.id/index.php/program/kegiatan-sosbud/345-pemberdayaan-a-kesejahteraan-keluarga-pkk (diakses tanggal 15 Februari 2013).

Moleong, Lexy J, 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono, 2006. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D), Bandung : Alfabeta.

Sutedjo, 2006. Langkah-langkah Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Jakarta : Azka Press.

UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Published
2012-03-01
How to Cite
Widiahtuti, E. (2012). INTERAKSI SOSIAL WANITA PEKERJA PABRIK DALAM KEGIATAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) (PENELITIAN DESKRIPTIF DI PERUMAHAN TAMAN BUKIT KLEPU DESA KLEPU KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.2790
Section
Articles