KINERJA PENDIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN KELOMPOK BERMAIN (KB) DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) LAB SCHOOL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)
Abstract
Pendidik harus mempunyai kinerja yang profesional, tidak semua pendidik mampu memahami perkembangananak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kinerja pendidik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran
Kelompok Bermain Lab School Unnes, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi kinerja pendidik anak usia dini dalam pembelajaran Kelompok Bermain. Subyek penelitian ini
adalah pendidik Kelompok Bermain dengan 9 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendidik PAUD
mempunyai syarat-syarat yang harus dicapai yaitu memiliki kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional, dalam perencanaan pembelajaran dirancang oleh timework yang
sudah dibentuk. Kurikulumnya adalah model BCCT. Evaluasi pendidik dengan melalui pengamatan dan
observasi.
References
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
http://www.suaramerdeka.com. (diakses tanggal 24 April 2013).
Undang-Undang RI No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Lexy, Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Barnawi dan Muhammad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta:
Ar-ruzz Media.
Sudjana, S.D. 2000. Pendidikan Luar Sekolah, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Falah Production.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.