MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN “TUNAS BANGSA” UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS SANGGAR KEGIATAN BELAJAR GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN)

  • Resthi Anindita Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: The character values, Character education, Children education in the early age

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Namun pada kenyataannya, justru ada warga negara yang tidak berakhlak mulia (melakukan tindakan korupsi, penyalahgunaan narkoba, dan kekerasan), kurang mandiri (konsumtif), tidak bertanggung jawab, dan kasus lain yang justru bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk membentuk karakter bangsa tidaklah dapat dengan instan terlihat hasilnya. Tetapi memerlukan waktu yang panjang, konsisten, dan terus menerus. Untuk itu perlulah pendidikan karakter dilakukan sejak dini pada anak. Permasalahan dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan karakter di kelompok bermain Tunas Bangsa. (2) Bagaimana pembelajaran pendidikan karakter di kelompok bermain Tunas Bangsa. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan karakter di kelompok bermain Tunas Bangsa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 1 pendidik, 1 penanggung jawab, dan 2 orang tua. Pemerikasaan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data ialah menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran dikelompok bermain yaitu: (1) Bahwa perencaan pendidikan karakter di kelompok bermain tidaklah baku dan terimplementasi pada kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP. Penyusunan kurikulum berpedoman pada menu generik dan permen 58 untuk menetapkan indikator capaian anak. Pemilihan nilai-nilai karakter disesuaikan dengan tema dan judul kegiatan yang akan dilaksanakan. Penetapan indikator nilai-nilai karakter berdasarkan pada tahap perkembangan anak dan menentukan jenis dan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan. (2) Bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di kelompok bermain Tunas Bangsa adalah terimplementasi pada pelaksanaan pembelajaran di kelompok bermain Tunas Bangsa. Setiap pijakan-pijakan di kelompok bermain tersisipkan nilai-nilai karakter yang berupa keteladanan, pembiasaan, penggalian nilai-nilai karakter pada pijakan-pijakan permainan, membangun penghayatan anak, dan pengkondisian lingkungan di kelompok bermain Tunas Bangsa. (3) Evaluasi pendidikan karakter di Kelompok bemain Tunas Bangsa menggunakan pengamatan, portopolio, enekdot, mengamati perubahan sikap pada anak nilai-nilai karakter dari keseluruhan nilai ketuhanan, kejujuran, disiplin, toleransi, percaya diri, kemandirian, kreatif, tolong menolong, kerja keras, kepemimpinan, rendah diri, peduli lingkungan dan cinta bangsa.
Saran yang dapat dikemukakan sesuai dengan tema penelitian adalah: (1) Perencanaan kegiatan pendidikan karakter yang dilakukan bersama-sama dengan orang tua lebih banyak lagi dilakukan. (2) Ketegasan dari pendidik harus ditingkatkan agar orang tua disiplin untuk tidak mengantarkan anak hingga memasuki ruang kelas. (3) orang tua memerlukan lebih banyak informasi tentang evaluasi berkelanjutan agar pendidikan karakter dapat dilanjutkan ketika anak dirumah.

References

Koesuma, Doni.2009. Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Majid, Abdul, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: Rosdakarya

Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Riyanto, Theo, dkk. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Susanto, Soegeng. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan

S. Rahman, Hibana. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:PGTKI Press

Taufiq, Tahana Andrianto. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses di Era Cyber.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik Dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Ayu, Widya Puspita, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Dalam JPNF

Badruddin. 2003. Sukses Mendidik Anak: Mencipta Generasi Cerdas Moral Dan Spiritual. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta

Farchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

B.Uno, Hamzah.2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Majid, Abdul.2005. Perencanaan Pebelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pusat Kurikulum dan Pembukuan.2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan

Resthi Anindita*, Sawa Suryana, dan Acmad Rifai RC / NFECE 2 (1) (2013)

Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Puspita, Fardhana. 2011. Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. JPNF (8): 133-144

Departeman Pendidikan Nasional.2007. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: PT Pradana Utama

Direktorat Ketenagaan. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran . Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidkan Nasional

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Pendidikan Nasional (Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025). Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Lickona, Thomas. 1992. Educating For Character: How Our Schools Can Teach Pespect and Responsibility. English: Rendom House Publishing

Yanti, Fauziah Puji. 2011. Model-model Pembelajaran Penanaman Karakter Sejak Dini (Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/, diakses 23 April 20112

Published
2013-03-01
How to Cite
Anindita, R. (2013). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN “TUNAS BANGSA” UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS SANGGAR KEGIATAN BELAJAR GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i1.2793
Section
Articles