UPAYA MENERAPKAN TATA TERTIB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN PUTRA PUTRI SAHAL SUHAIL UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

  • Bintang Emy Nur Alfian Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Improving discipline, efforts to implement the order

Abstract

Penerapan disiplin merupakan sesuatu yang sangat diperlukan demi tercapainya keteraturan dan kenyamanan, sehingga tujuan yang diharapkan akan terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan disiplin anak asuh dan upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 8 anak asuh, 2 orang pengurus, dan 2 orang pengasuh. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil kedisiplinan yang diterapkan bersifat demokratis. Tata tertib yang diterapkan berbentuk kewajiban-kewajiban dan larangan-larangan. Upaya yang dilakukan dalam menerapkan tata tertib untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh antara lain: membuat dan menyusun tata tertib, keteladanan dan pemberian contoh yang baik, memberikan nasihat, motivasi, serta menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak asuh, dan memberikan hukuman. Kendala utama yang dihadap adalah karakteristik dan sifat negatif anak asuh sebelum tinggal di panti asuhan. Cara mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan melakukan pendekatan pribadi kepada anak asuh yang bermasalah.

References

Ahmadi, Abu. 1979. Psikologi Sosial. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Hadisubrata, MS. 1988. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Shihab, Quraish. 1996. Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’I atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung Penerbit Mizan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanti. 2008. Membiasakan Perilaku Baik. Semarang: CV. Ghyyas Putra.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiratomo, Giri Harto. 2007. Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIS UNNES.

Published
2013-03-01
How to Cite
Nur Alfian, B. (2013). UPAYA MENERAPKAN TATA TERTIB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN PUTRA PUTRI SAHAL SUHAIL UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i1.2794
Section
Articles